Selasa 11 Jun 2024 22:57 WIB

Kagum dengan Perjuangan Timnas, Presiden: Sejarah Telah Tercipta

Capaian itu didapat setelah Indonesia mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-0.

Pemain timnas Indonesia Thom Haye melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Filipina pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia sementara unggul 1-0.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Thom Haye melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Filipina pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia sementara unggul 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut lolosnya timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya merupakan sebuah sejarah.

Capaian itu didapat setelah Indonesia mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Baca Juga

Presiden yang turut menyaksikan secara langsung pertandingan tersebut bersama Ibu Negara Iriana Jokowi mengatakan seluruh pencinta sepak bola di Tanah Air juga pasti merasa bangga atas capaian tersebut.

"Saya kira seluruh masyarakat pencinta sepak bola senang semua karena kita lolos dan bisa masuk ke ronde tiga kualifikasi sistem FIFA yang baru, ini adalah sebuah sejarah dan kita dengan sistem baru ini kita pertama kali masuk," ucap Jokowi.

 

Selain lolos ke putaran ketiga, timnas Indonesia juga berhasil menggaransi satu tiket ke Piala Asia 2027. Presiden pun sekali lagi mensyukuri capaian timnas dan mengapresiasi kerja keras para pemain yang bertanding malam ini.

"Ya semua kita syukuri yang lolos bisa masuk ke level yang lebih tinggi kita syukuri, tetapi saya melihat kerja keras usaha keras dari para pemain tadi luar biasa," kata Jokowi.

Sebanyak dua gol Indonesia yang dicetak Thom Haye (31') dan Rizky Ridho (55') cukup membawa Garuda menempati posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin untuk lolos ke putaran ketiga sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027, menemani pemuncak klasemen Irak yang sudah lolos terlebih dahulu.

Jumlah poin ini sudah tak mampu dikejar Vietnam yang kini di posisi ketiga dengan enam poin, dengan apa pun hasil melawan Irak di Stadion Internasional Basra pada Rabu (12/6/2024) pukul 01.00 WIB, sudah tak berpengaruh pada nasib The Golden Stars di babak kualifikasi.

Indonesia pernah bermain di putaran final Piala Dunia 1938, tetapi saat itu masih bernama Hindia Belanda dan untuk format saat ini, Indonesia belum pernah melaju ke babak ketiga dengan laju terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986, yaitu melaju ke putaran kedua.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dimainkan pertama kalinya di tiga negara, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement