Jumat 07 Jun 2024 13:44 WIB

Kapendam Cendrawasih: TNI-Polri Buru Anggota OPM Pelaku Penembakan Prajurit di Dekai

Penambakan terhadap prajurit di Dekai, Yahukimo terjadi pada Kamis petang.

Kontak tembak TNI dan OPM di Papua. (ilustrasi)
Foto: anadolu agancy
Kontak tembak TNI dan OPM di Papua. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YAHUKIMO -- Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengatakan, saat ini TNI-Papua melakukan pengejaran  anggota OPM yang melakukan penembakan terhadap prajurit di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Penembakan terhadap Praka RU yang merupakan personel Kodim 1715/Yahukimo, terjadi Kamis petang (6/6/2024) di Jalan Seradala, Distrik Dekai.

"Korban Pratu RU mengalami luka tembak di bagian kaki kiri dan saat ini dirawat di RSUD Dekai," jelas Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan  di Jayapura, Jumat (7/6/2024).

Baca Juga

Diakui, pihaknya belum dapat memastikan pelaku anggota OPM dari kelompok mana karena masih didalami. Pengejaran terus dilakukan guna menangkap anggota OPM yang menjadi pelaku penembakan, kata Kapendam. 

Sementara itu, Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno secara terpisah menjelaskan, penembakan prajurit TNI di Dekai dilakukan oleh KKB Kodap XVI Yahukimo di Dekai, Kamis (6/6/2024) pukul 18.20 WIT, di jalan Seradala, Kilometer 2, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

“Korban yang merupakan anggota Kodim 1715/Yahukimo ditembak KKB Kodap XVI Yahukimo di bagian paha sebelah kiri,” jelas AKBP Bayu Suseno.

Organisasi Papua Merdeka (OPM) merupakan penyebutan di lingkungan TNI dan kalangan Polri, namun masih sering disebut kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kelompok itu saat ini berjuang memisahkan Papua dari NKRI.

 

 
photo
Infografis deforestasi Papua dan Papua Barat. - (Republika)

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement