Jumat 07 Jun 2024 07:54 WIB

Ini Penjelasan Sutradara Film Vina Usai Diperlihatkan Foto CCTV oleh Penyidik

Sutradara film 'Vina: Sebelum 7 Hari', Anggy Umbara kemarin diperiksa di Polda Jabar.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andri Saubani
Sutradara film 'Vina: Sebelum 7 Hari', Anggy Umbara.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sutradara film 'Vina: Sebelum 7 Hari', Anggy Umbara.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sutradara film 'Vina: Sebelum 7 Hari', Anggy Umbara mengungkapkan penyidik memberikan sejumlah pertanyaan kepada dirinya tentang proses pembuatan film tersebut saat menjalani pemeriksaan di Mapolda Jabar, Kamis (6/6/2024). Ia pun sempat diperlihatkan tangkapan layar rekaman CCTV diduga terkait kasus pembunuhan Vina dan ditanya apakah benar.

"Tadi dikasih lihat (tangkapan layar) CCTV ternyata bukan CCTV tapi orang kita lagi syuting direkam. Nah itu jadi CCTV jadi hoaks, saya konfirmasi kita lagi syuting," ucap dia seusai menjalani pemeriksaan, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan, penyidik menanyakan tentang foto tangkapan layar rekaman CCTV yang viral di media sosial. Dengan tegas Anggy menyebut bahwa foto yang diperlihatkan kepadanya hoaks.

"Itu dari hasil syuting kita karena kelihatan jaketnya beda. Ada lampu pas syuting. Yang dikasih lihat ke saya gak ada (yang beda foto) itu hasil syuting semua. Jadi dari orang ngevideoin," kata dia.

 

Selama diperiksa, ia mengaku diberi banyak pertanyaan mulai dari proses pembuatan film dan lainnya saat menjalani pemeriksaan. Kurang lebih 20 pertanyaan diajukan penyidik kepada dirinya.

"Mereka ingin tahu dapat ceritanya dari mana, dari versi mana segala macam. Ya detail pembuatan film yaudah sih ditanya itu," kata dia.

Terkait produser, ia mengaku pemeriksaan dilakukan oleh penyidik yang berbeda. Namun, diperkirakan pertanyaan kepada produser berkaitan sisi formalitas dan administrasi sedangkan dirinya ke sisi kreatif.

Ia menambahkan, pihaknya melakukan dramatisasi dalam film untuk memberikan kekuatan emosional. "Kita bikin produk komersil yang menghibur dan menyampaikan pesan," kata dia.

Sebelumnya, Polda Jawa Barat enggan mengomentari tangkapan layar rekaman CCTV diduga terkait kasus pembunuhan Vina dan Rizky alias Eky di Cirebon tahun 2016 lalu. Mereka saat ini tengah fokus melakukan penyidikan kasus tersebut dengan tersangka buron yang sudah diungkap Pegi Setiawan.

 

photo
Kejanggalan kasus Vina Cirebon. - (Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement