Kamis 06 Jun 2024 21:03 WIB

UMJ dan UNISA Bandung Jalin Kerja Sama Kelola Kampus Menuju Akreditasi Unggul

Menurutnya, UNISA Bandung sudah memiliki modal yang cukup bagus.

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Aisyiyah (UNISA) Bandung.
Foto: Dok UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Aisyiyah (UNISA) Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Aisyiyah (UNISA) Bandung di Ruang Rapat Lantai 3, Gedung Muhammadiyah Civilization Center UMJ, Jakarta pada Kamis (6/6/2024). Kerja sama ini diinisiasi oleh UNISA Bandung dalam rangka menuju kampus yang terakreditasi Unggul.

Dalam sambutannya, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma'mun Murod M.Si. menerima baik dan mengapresiasi langkah UNISA Bandung tersebut. Pasalnya, sebagai sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) harus saling membersamai untuk maju dan menjadi universitas yang lebih baik.

Baca Juga

"Kerja sama yang serius memang dibutuhkan untuk menuju akreditasi Unggul, tetapi kita harus punya prinsip 'pasti bisa' karena komitmen ini lah yang mampu mendorong kita untuk maju," tutur Ma'mun melalui keterangan tertulis, Kamis (6/6/2024).

Menurutnya, UNISA Bandung sudah memiliki modal yang cukup bagus, salah satunya Fakultas Ilmu Kesehatan sehingga fakultas lainnya nanti bisa didampingi untuk menjadi lebih baik lagi. "Selebihnya, kita perlu fokus menindaklanjuti pengelolaan kampus di unit kerja masing-masing, seperti penjaminan mutu, penelitian, SDM, kemahasiswaan, dan sebagainya," ucap Ma'mun.

 

Rektor UNISA Bandung Tia Setiawati, M.Kep., Ns., Sp.Kep., An. mengutarakan, UMJ ialah salah satu PTMA berakreditasi Unggul yang dapat membina dan mendampingi UNISA Bandung untuk mengelola kampus dengan baik, layaknya seorang kakak dan adik. Kerja sama dan pendampingan ini juga mencakup caturdarma perguruan tinggi.

"Insya Allah dalam waktu dekat, UNISA Bandung melakukan tindak lanjut MoU berupa pembinaan dan pendampingan terhadap prodi, fakultas, serta unit kerja dengan UMJ. Terlebih, mengenai penjaminan mutu, kerja sama internasional, PMB hingga tata kelola baik di bidang keuangan, SDM, dan kemahasiswaan," jelas Tia saat diwawancarai usai teken Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan nota kesepahaman UMJ dan UNISA Bandung dilakukan oleh Ma'mun Murod dan Tia Setiawati, disaksikan oleh Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Chandra SH., MH., Ketua BPM UMJ Prof. Dr. Tria Astika Endah P., S.KM., M.KM., Kepala KKUI UMJ Endang Zakaria, MH. dan jajaran pimpinan UMJ, serta Wakil Rektor I UNISA Bandung Nandang Jamiat Nugraha, S.Kep., M.Kep., Ns.Sp., Kep.Kom., dan jajaran UNISA Bandung.

Lingkup MoU tersebut yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen dan tata kelola kampus, peningkatan kualitas SDM hingga pengembangan kampus terpadu. Sebelumnya, pada 2022, Fakultas Ilmu Keperawatan UMJ dan Fakultas Ilmu Kesehatan UNISA Bandung telah bekerja sama melalui pendidikan dosen spesialis medikal bedah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement