Ahad 02 Jun 2024 22:38 WIB

Bagnaia dan Bastianini Finis 1-2 di Balapan Kandang MotoGP Italia

Bagnaia mencatatkan waktu tercepat 40 menit 51,385 detik.

Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia.
Foto: EPA-EFE/Siu Wu
Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini memberikan kemenangan sempurna bagi tim pabrikan pada balapan kandang mereka, MotoGP Italia, yang digelar di Sirkuit Mugello, Italia, Ahad (2/6/2024).

Tak hanya menjadi kemenangan yang spesial bagi Ducati, ini sekaligus menandai kemenangan berturut-turut Bagnaia akhir pekan ini setelah menjuarai balapan Sprint sehari sebelumnya. Selain itu, ini juga merupakan kemenangan ketiga Bagnaia di Mugello sejak ia meraihnya pada tahun 2022 dan 2023.

Baca Juga

Sementara, Bastianini juga mencatatkan raihan yang jauh lebih baik dari musim lalu di negara asalnya, dengan finis P2. Tahun lalu, ia hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi kesembilan.

Bagnaia mencatatkan waktu tercepat 40 menit 51,385 detik. Bastianini hanya terpaut 0,799 detik dari rekan satu timnya. Sementara Jorge Martin (Prima Pramac) melengkapi podium dengan margin waktu 0,924 detik dari Bagnaia.

 

Bagnaia tampil tanpa celah dan solid sejak awal balapan utama, saat ia segera merebut posisi terdepan dari pole sitter Martin sembari mempertahankannya dalam balapan dengan total 23 putaran tersebut. Sang juara bertahan yang harus memulai balapan dari posisi kelima, langsung menyalip para empat pembalap di depannya yaitu Bastianini, Marc Marquez (Gresini Racing), Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Martin.

Pun dengan Bastianini yang memulai dari posisi keempat, dapat mempertahankan posisinya dan bertahan di posisi tiga terdepan pada sebagian besar jalannya balapan.

Kedua pembalap pabrikan Ducati yang membawa desain livery dan seragam spesial terinspirasi dari warna tim nasional Italia, terus mendominasi jalannya balapan dan menghalangi laju Martin dari depan dan belakang.

Posisi Bastianini beberapa kali sempat terancam oleh Marc Marquez yang begitu dekat dengannya. Bahkan, pada beberapa lap terakhir, sang pembalap Spanyol merebut posisi ketiga darinya.

Namun, Bastianini yang tetap tenang tidak terburu-buru dalam mengambil momentum untuk merebut kembali posisinya. Hingga akhirnya pada lap terakhir, ia langsung mengambil celah dari Martin dan mengklaim posisi kedua MotoGP Italia 2024.

Daftar 10 besar MotoGP Italia kali ini dilengkapi oleh Marc Marquez, Pedro Acosta (GASGAS Tech3), Franco Morbidelli (Prima Pramac), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), Vinales, Alex Marquez (Gresini Racing), dan Brad Binder (Red Bull KTM).

Klasemen sementara sejauh ini masih dipimpin oleh Martin dengan 171 poin. Berada di belakangnya adalah Bagnaia (153), Marc Marquez (136), Bastianini (114), dan Acosta (101).

Setelah ini, para pembalap akan tetap tinggal di Mugello untuk melakoni uji coba MotoGP kedua pada Senin (3/6). Putaran selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit TT Assen, Belanda, 28-30 Juni.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement