Jumat 31 May 2024 21:39 WIB

Ketua MPR Ajak Amalkan Pancasila Sebagai Way of Life

Ketua MPR imbau semua elemen bangsa perkuat pancasila.

Ilustrasi pawai pancasila.
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi pawai pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh masyarakat untuk memperingati momentum Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 dengan terus mengamalkan Pancasila sebagai way of life (pandangan hidup) bangsa Indonesia.

"Mengajak masyarakat untuk terus bergotong royong dalam berpartisipasi pada pembangunan bangsa dengan tetap menerapkan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasar yang memperkuat kerukunan dan keutuhan berbangsa sebagai wujud pengamalan Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia," kata Bamsoet, sapaan karibnya, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Dia mengajak pula seluruh masyarakat Indonesia menjadikan momentum Hari Lahir Pancasila untuk lebih meningkatkan persatuan bangsa di tengah perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, menuju Indonesia Emas di tahun 2045

"Yang lebih maju, mandiri, dan berdaulat, sebagaimana semboyan bangsa Indonesia yang menyatakan 'Bhinneka Tunggal Ika'," ucapnya.

 

Bamsoet juga meminta pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), untuk menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada setiap kurikulum pendidikan sehingga norma Pancasila dapat memandu generasi muda dalam meraih cita-cita bangsa.

"Meminta pemerintah untuk mengimbau masyarakat melalui program-program pemerintah yang menerapkan Pancasila sehingga masyarakat dapat memahami nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, dikarenakan keberagaman yang ada merupakan bentuk identitas bangsa Indonesia secara nasional," tutur dia.

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus memimpin upacara puncak peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Blok Rokan, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelaskan alasan upacara Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di Blok Rokan untuk menunjukkan bahwa rakyat Indonesia dengan segenap sumber daya manusianya sudah mampu mengelola dan berdiri di kaki sendiri dalam hal ketahanan energi.

Harlah Pancasila tahun 2024 mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Sedangkan logo utama Harlah Pancasila tahun 2024, yakni "Sandya Taru" atau Pohon Persatuan yang mencerminkan persatuan, semangat gotong royong dan kesetaraan.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement