Jumat 31 May 2024 20:33 WIB

PSI Tunggu Keputusan Kaesang untuk Maju pada Pilkada Jakarta 2024

Kode politik seperti beredarnya poster Budi-Kaesang merupakan hal yang biasa.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.
Foto: istimewa
Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) masih belum menentukan keputusan terkait ramainya poster pasangan Budisatrio Djiwandono- Kaesang Pangarep. Pasangan keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto dan anak Presiden Joko Widodo itu diisukan akan maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Wakil Ketua Umum DPP PSI Andy Budiman mengatakan, kode politik seperti beredarnya poster Budi-Kaesang merupakan hal yang biasa. Sejauh ini, PSI senang-senang dan berbangga nama Kaesang beredar di tengah masyarakat sebagai calon kepala daerah, seperti di Depok, Bekasi, Surabaya, dan Jakarta. 

"Bagi kami, ini adalah bentuk harapan dan kerinduan masyarakat agar lahir pemimpin muda yang bisa memperbaiki keadaan di kota, kabupaten dan provinsi," kata Andy melalui keterangan video di Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Kendati demikian, hingga saat ini, ketua umum DPP PSI tersebut masih belum menentukan sikap terkait isu yang beredar. Alih-alih mengurusi dirinya sendiri, Kaesang disebut justru lebih banyak mengurusi partainya agar dapat maksimal dalam pelaksanaan pilkada serentak 2024.

 

Menurut Andy, Kaesang masih sibuk mengurus persiapan pilkada di berbagai daerah. Kaesang juga dinilai telah banyak bertemu dengan calon gubernur, bupati, dan wali kota, yang ingin mendaftar ke PSI. "Mas Kaesang ingin maksimal memastikan kader-kader terbaik PSI bisa menang di berbagai daerah di Indonesia," kata Andy.

Di sisi lain, menurut Andy, PSI juga masih menunggu keputusan Kaesang terkait rencana pribadinya. Pasalnya, belum ada informasi Kaesang akan berkontestasi langsung dalam pilkada 2024. "PSI masih menunggu sikap, keputusan Mas Kaesang Pangarep terkait masalah ini," ujarnya.

Andy menyebut, PSI juga akan melihat kesepakatan dan arahan dari partai partai senior di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Menurut dia, PSI akan terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. "Kami percaya apa yang terbaik bagi masyarakat, maka PSI akan ikut berjuang di sana," kata Andy.

Media sosial Instagram diramaikan oleh poster Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep sebagai calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Poster itu diunggah oleh akun Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco dan akun milik pesohor Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pada Rabu (29/5/2024).

Ketua Desk Pilkada DPW PSI DKI Jakarta, Justin Adrian Untayana mengaku belum menerima informasi resmi terkait poster tersebut. Namun, ia menghargai unggahan dari elite Partai Gerindra dalam rangka memeriahkan Pilgub Jakarta 2024.

"Jadi terkait dengan postingan abang Sufmi Dasco, saya menghargai, itu tapi saya belum menerima informasi apapun terkait dengan arahan-arahan atas dua cagub dan cawagub yang diposting tersebut," kata Justin melalui keterangan video, Kamis (30/5/2024).

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement