Rabu 29 May 2024 00:29 WIB

Hiu Paus di Botubarani Gorontalo Dikabarkan 'Hilang' Sejak Munculnya 2 Ekor Paus Orca

Paus Orca termasuk pemangsa puncak dalam rantai makanan.

Seekor paus pembunuh menyembul ke permukaan sempit untuk mendapatkan oksigen (ilustrasi). Hiu paus di Botubarani dikabarkan menghilang sejak kemunculan 2 paus Orca. (AP PHOTO)
Seekor paus pembunuh menyembul ke permukaan sempit untuk mendapatkan oksigen (ilustrasi). Hiu paus di Botubarani dikabarkan menghilang sejak kemunculan 2 paus Orca. (AP PHOTO)

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BONE BOLANGO -- Keberadaan hiu paus di objek wisata Botubarani Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, saat ini dikabarkan menghilang. Hal tersebut terjadi sejak kemunculan dua ekor Seguni atau paus pembunuh atau Orca.

Salah seorang warga yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas objek wisata Yunis Amu mengatakan dua ekor seguni itu muncul pada Jumat (24/5/2024) pekan lalu, sekitar pukul 11.00 Wita, di dekat pantai Olele dan sedang mengarah ke Botubarani. "Saya melihat dua paus Orca di depan Olele. Kalau dilihat dari siripnya, yang satunya jantan karena sirip lurus ke atas, sementara yang satunya lagi sirip bengkok yang berarti adalah betina," kata Yunis Amu.

Baca Juga

Yunis Amu mengatakan dua ekor Seguni berukuran cukup besar itu muncul di perairan objek wisata Taman Laut Olele dan sedang berenang menuju arah wisata Hiu Paus Botubarani. Dua tempat wisata unggulan di Kecamatan Kabila Bone ini hanya berjarak beberapa kilometer saja.

Ia yakin perkiraannya tidak meleset, karena sekitar pukul 13.00 wita, dua ekor paus Orca itu dikonfirmasi telah muncul di kawasan objek wisata Hiu Paus Botubarani. "Kemungkinan keberadaan paus Orca ini telah diketahui oleh hiu paus di Botubarani, sehingga mereka menghilang dan sampai sekarang belum muncul," kata dia.

 

Sementara itu selaku Tim Monitoring Hiu Paus Gorontalo, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango, Sukirman Tilahunga mengatakan bahwa biasanya jika paus pembunuh muncul, hiu paus juga akan menghindarinya. Hal itu karena paus pembunuh termasuk pemangsa puncak dalam rantai makanan.

"Jadi apapun ikan yang ditemuinya, bisa jadi target makanannya," kata Sukirman.

Sejak kemunculan paus pembunuh pada Jumat pekan lalu, hingga saat ini lima ekor hiu paus remaja yang ada di Botubarani belum muncul. Namun berdasarkan pantauan satelit, mereka kini sedang berada di perairan Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo.

"Jika mereka merasa sudah tidak ada ancaman, mereka pasti balik lagi ke Botubarani," katanya. Menurutnya wilayah perairan Teluk Tomini merupakan jalur lintas migrasi dari paus Orca.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement