Sabtu 25 May 2024 18:58 WIB

Muslimat NU Berkolaborasi dengan Yayasan Rumah Berkah dan BKM Nururrahman Selenggarakan Donor Darah

Kegiatan donor darah ini mengangkat tema Setetes Darah Sejuta Harapan.

Rep: sajada.id/ Red: Partner
.

Panitia dan peserta berbaur bersama mengikuti kegiatan donor darah.
Panitia dan peserta berbaur bersama mengikuti kegiatan donor darah.

Muslimat NU Berkolaborasi dengan Yayasan Rumah Berkah Nusantara dan BKM Nururrahman Selenggarakan Kegiatan Donor Darah Massal

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah se-Dunia, Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Anak Ranting RW 15 Kel. Rangkapan Jaya Baru menyelenggarakan kegiatan Donor Darah Massal di Aula Masjid Nururrahman, Kav. Pelita Air Service, Pancoran Mas, Kota Depok.

Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nururrahman, Yayasan Rumah Berkah Nusantara, dan PMI Kota Depok, Sabtu (25/5).

Sekitar 65 peserta dari warga di lingkungan Rangkapan Jaya Baru mengikuti kegiatan ini. Hadir dalam acara tersebut, Ketua Muslimat NU Anak Ranting RW 15, Siti Fadlilaturrif'ati, Ketua BKM Nururrahman, M. Nashir; Ketua RW 15 Fadli, Ketua PRNU Rangkapan Jaya Baru, Ust. Hadi Darmawan, dan Ketua Umum Yayasan Rumah Berkah Nusantara, Syahruddin El Fikri. Kegiatan donor darah ini mengangkat tema Setetes Darah Sejuta Harapan.

Ketua RW 15, Fadli menyampaikan rasa bahagianya kegiatan sosial yang diinisiasi Muslimat NU dan Yayasan Rumah Berkah Nusantara ini berjalan lancar serta diikuti banyak warga.

"Tentu harapan kita semua, kegiatan yang bermanfaat ini bisa berlanjut pada event-event berikutnya untuk kebaikan warga Pelita dalam menolong sesama," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua BKM Nururrahman, Muhammad Nashir. "Kami menyambut baik kegiatan sosial ini, karena manfaatnya sangat luar biasa. Kita bisa menolong sesama yang memerlukan," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Nashir menyampaikan tentang pentingnya tolong menolong sesama. "Barangkali, setetes darah yang kita lakukan untuk kebaikan ini, tercatat sebagai amal yang paling baik, sehingga membuka jalan menuju surga Allah," ujar Nashir yang berkesempatan menjadi peserta donor darah dalam kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua Muslimat NU Anak Ranting RW 15, Siti Fadlilaturrif'ati menjelaskan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan Muslimat NU bekerja sama dengan banyak lembaga ini merupakan yang pertama di Kav. Pelita. "Semoga ke depannya dapat dilakukan secara rutin sehingga bisa makin bermanfaat untuk kemaslahatan manusia," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan donor darah ini merupakan kerja sama lanjutan dengan PMI Kota Depok.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Ranting NU Rangkapan Jaya Baru, Ustadz Hadi Darmawan menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur kegiatan sosial ini dapat terselenggara dengan baik. "Kami bergembira karena warga sangat antusias mengikuti kegiatan donor darah ini. Tentu sebagai pengurus ranting NU, kami senang dan bahagia dapat berkontribusi untuk kemanusiaan," paparnya.

Sejumlah peserta kegiatan donor darah
Sejumlah peserta kegiatan donor darah

Ketua Umum Yayasan Rumah Berkah Nusantara, Syahruddin El Fikri mengatakan, kegiatan kolaborasi ini akan terus dilakukan. Bahkan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan pihak terkait untuk kesuksesan dan event-event lainnya.

Terkait kegiatan donor darah, Syahruddin menjelaskan pentingnya membantu sesama. Mengutip ayat Al-Qur'an surat Al Ma'idah ayat 32, Allah SWT berfirman: "...Siapa yang membunuh satu jiwa tanpa hak, berarti dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan siapa yang menyelematkan satu jiwa berarti dia menyelamatkan manusia semuanya..."

"Kegiatan donor darah ini mungkin sepele bagian sebagian orang, tetapi dampaknya sangat dirasakan oleh mereka yang memerlukan darah," ujarnya.

Peserta donor darah 
Peserta donor darah

Sebagaimana diketahui bersama, saat ada warga yang sakit dan memerlukan darah, masyarakat acapkali meminta bantuan ke PMI untuk kebutuhan darah. Karenanya kegiatan donor darah yang diselenggarakan akan membuat persediaan stok darah tersedia untuk masyarakat yang memerlukan.

Pengurus Muslimat dan Yayasan Rumah Berkah Nusantara berfoto bersama dengan anggota PMI Kota Depok seusai kegiatan donor darah
Pengurus Muslimat dan Yayasan Rumah Berkah Nusantara berfoto bersama dengan anggota PMI Kota Depok seusai kegiatan donor darah

Dalam kegiatan ini, dari sejumlah warga yang berencana mengikuti donor darah, ada pula yang tidak berhasil disebabkan beberapa hal. Di antaranya karena hemoglobin (Hb) yang rendah atau terlalu tinggi, juga tensi darah, ada yang rendah dan tinggi, serta faktor usia. Usia di atas 60 tahun tidak diizinkan untuk ikut donor darah.

sumber : https://sajada.id/posts/308909/muslimat-nu-berkolaborasi-dengan-yayasan-rumah-berkah-dan-bkm-nururrahman-selenggarakan-donor-darah

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement