Ahad 05 May 2024 17:05 WIB

Ketum PAN Sebut Eko Patrio Sebagai Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Namun, Zulhas belum dapat memastikan Eko Patrio akan menjabat menteri apa.

Rep: Bayu Adji P / Red: Andri Saubani
Pelawak yang juga politikus PAN, Eko Patrio.
Foto: Republika/Prayogi
Pelawak yang juga politikus PAN, Eko Patrio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyiapkan Eko Patrio sebagai calon menteri dalam kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Namun, belum dapat dipastikan kementerian yang akan dipimpin oleh sosok yang juga dikenal sebagai pelawak itu.

Pernyataan Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, itu disampaikan ketika memberi keterangan mengenai nama yang akan diusung PAN dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta 2024. Saat menyebut nama Eko, Zulhas menyatakan yang bersangkutan akan jadi calon menteri. 

Baca Juga

"Kalau Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko, tapi kan Eko calon menteri ya," kata dia di Jakarta, Ahad (5/5/2024).

Kendati demikian, Zulhas tak bisa menentukan kementerian yang akan dipimpin Eko Patrio. Pasalnya, politik bersifat dinamis. Artinya, segala sesuatu bisa berubah setiap saat. 

"Nanti lah kita lihat, politik kan dinamis," kata dia saat ditanya kementerian yang akan dipimpin Eko.

Menurut dia, Prabowo sebagai presiden tentu memiliki hak prerogatif untuk menentukan kabinet. Karena itu, kewenangan penuh untuk menentukan menteri nantinya ada di tangan presiden. 

"Pak Prabowo sebagai presiden terpilih punya hak prerogatif terserah beliau saja. Tahu yang terbaik ya," kata dia.

Eko Patrio, yang memiliki nama asli Eko Hendro Purnomo, diketahui terkenal melalui dunia hiburan. Eko awalnya dikenal sebagai pelawak yang tergabung dalam grup Patrio. Namun, sejak 2009 Eko terjun ke dunia politik dan menjadi anggota DPR RI hingga saat ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement