Sabtu 27 Apr 2024 13:01 WIB

Ketua DPRD DKI Singgung Ada Wilayah Kumuh Berjarak Satu Kilometer dari Istana

Prasetyo menggugat visi Jakarta menjadi kota global yang dicanangkan Pj Heru Budi.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.
Foto: Muhamad Ubaidillah
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menggembar-gemborkan visi untuk menjadi kota global. Berpindahnya status ibu kota ke Nusantara, Kalimantan Timur, akan menjadi momentum bagi Jakarta untuk melakukan transisi menjadi kota global.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo, Edi Marsudi menganggap, visi untuk menjadi kota global yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI masih sangat mengawang. Apalagi, selama ini DPRD Provinsi DKI Jakarta tak pernah diajak diskusi atau konsultasi untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota global.

Baca: Eks TGUPP Soroti Nama Pj Heru Budi Hartono Tercantum di KJP

"Makanya kalau bicara global, globalnya di mana? Ada daerah Istana Negara saat ini hanya jarak satu kiloemter asih ada daerah kumuh," kata politikus PDIP itu saat ditemui di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/4/2024).

Menurut dia, penataan kota di Jakarta hingga hari ini juga masih karut-marut. Kebijakan antara pemerintah pusat dan Pemprov DKI tak jarang saling bertabrakan satu sama lain.

Baca: Prabowo Kalahkan Anies di Jakarta, Berikut Perincian Angkanya

"Contohnya kasus Senopati (Holywings Group), yang mengeluarkan izin BPKM. Dia bisa mengeluarkan surat tanpa koordinasi dengan pemerintah daerah. Yang kayak gini harusnya diajak ngomong," kata Prasetyo.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, butuh upaya bersama untuk mewujudkan stabilitas Jakarta yang tangguh di kancah global. Dalam mewujudkan pembangunan wilayah Jakarta yang merata, berkeadilan, serta infrastruktur yang berkualitas dan ramah lingkungan, semua pihak perlu meningkatkan SDM yang unggul, produktif, dan sejahtera.

Baca: Jamu KSAU Singapura, Wamenhan Singgung Military Training Area

"Melalui hal itu, diharapkan pada tahun 2045 Jakarta mampu bersaing dengan kota global lainnya dengan sumber daya manusia yang unggul dan ekonomi yang kokoh," kata Heru saat membuka Musrenbang RKPD dan RPJPD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2025-2045 di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement