Selasa 23 Apr 2024 00:05 WIB

Untuk Pertama Kalinya, Stroberi Korea akan Dibudidayakan di Indonesia

Budidaya stroberi Korea akan dilakukan di pertanian vertikal pintar.

Stroberi khas Korea terkenal dengan ukurannya yang besar.
Foto:

Pembudidayaan stroberi Korea Jukhyang dan Merry Queen akan dilakukan di pertanian vertikal pintar milik PT APP. Kedua varietas tersebut ditanam dalam lingkup iklim mikro sehingga dapat menghasilkan kualitas hasil panen yang setara dengan stroberi impor dari Korea.

"Dengan bangga kami mengatakan perusahaan kami akan menjadi yang pertama di Indonesia dalam mengembangkan sistem budidaya tanaman inovatif yang menghasilkan stroberi sepanjang tahun melalui sistem kontrol lingkungan dalam ruangan. Melalui sistem ini, kami akan memasok stroberi Korea segar untuk konsumen di Indonesia," ucap CEO TSE Group Robert Seung dalam kesempatan yang sama.

Pertanian vertikal stroberi milik PT APP tersebut berlokasi di Jakarta. Untuk menjaga kualitasnya, kedua varietas tersebut hanya akan dipasarkan secara lokal.

Untuk diketahui, kerja sama kedua belah pihak tersebut akan berlangsung hingga 10 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan PT APP dan Pemerintah Kabupaten Damyang akan mengembangkan kerja samanya lebih lanjut untuk memasuki pasar domestik.

Ini termasuk budidaya stroberi sepanjang tahun dan perluasan area budidaya lewat pembangunan perkebunan stroberi skala besar yang berada di kota-kota besar di Indonesia.

Jukhyang dan Merry Queen merupakan varietas stroberi yang unggul dalam segi kualitas karena memiliki cita rasa yang lebih manis daripada stroberi lainnya. Selain itu, tekstur stroberi ini juga lebih padat sehingga cenderung tidak mudah busuk jika disimpan dengan benar.

TSE Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan, kelapa sawit serta energi terbarukan. Dalam beberapa tahun terakhir, TSE Group telah merambah pertanian vertikal (indoor vertical farm) lewat bisnis urban farm yang dikelola oleh PT APP.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement