Kamis 18 Apr 2024 18:10 WIB

Selama Libur Lebaran, Kunjungan di Taman Pintar Capai Ribuan Per Hari

Selama libur Lebaran 2024 Tama Pintar Yogya memiliki dua peraga baru

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anak-anak bermain bersama saat peluncuran kembali PAUD Generasi Maju di Taman Pintar, Yogyakarta, Jumat (1/7/2022). Danone Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Yogyakarta meluncurkan kembali PAUD Generasi Maju di Taman Pintar. PAUD Generasi Maju yang menerapkan zona interactive learning ditujukan sebagai sarana bermain dan belajar untuk mendukung pengembangan kecerdasan, pengetahuan, dan motorik bagi anak-anak usia dini pengunjung Taman Pintar.  Selain itu, juga melakukan sosialisasi gerakan Isi Piringku untuk mendukung pemerintah dalam upaya penurunan angka stunting.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Anak-anak bermain bersama saat peluncuran kembali PAUD Generasi Maju di Taman Pintar, Yogyakarta, Jumat (1/7/2022). Danone Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Yogyakarta meluncurkan kembali PAUD Generasi Maju di Taman Pintar. PAUD Generasi Maju yang menerapkan zona interactive learning ditujukan sebagai sarana bermain dan belajar untuk mendukung pengembangan kecerdasan, pengetahuan, dan motorik bagi anak-anak usia dini pengunjung Taman Pintar. Selain itu, juga melakukan sosialisasi gerakan Isi Piringku untuk mendukung pemerintah dalam upaya penurunan angka stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Destinasi di Kota Yogyakarta kebanjiran wisatawan selama masa libur Lebaran 2024 lalu. Termasuk kawasan Taman Pintar yang dikunjungi wisatawan mencapai ribuan per harinya. 

Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Yogyakarta, Karmila mengatakan, rata-rata Taman Pintar dikunjungi hingga 3.137 pengunjung per hari selama libur Lebaran 2024. 

“Hitungan tersebut mulai dari H+2 Lebaran. Jika tahun lalu rata-rata sebanyak 2.172 pengunjung per hari, pada lebaran tahun (2024) ini mencapai angka 3.137 kunjungan per hari,” kata Karmila dalam keterangan resminya belum lama ini. 

Di Taman Pintar, pengunjung didominasi oleh rombongan keluarga yang berasal dari luar Kota Yogyakarta. Dikatakan Karmila, selama libur Lebaran 2024 pihaknya memiliki dua peraga baru yang bisa dinikmati pengunjung yakni peraga multimedia berupa videobooth 360 derajat, dan peraga manual pump yang berada di Kampung Kerajinan.

“Peraga Manual Pump akan mengedukasi pengunjung tentang teknik pompa air manual, yang dapat dicoba dengan memindahkan air melalui pompa dari satu titik ke titik yang lain menggunakan tekanan kaki, seperti gerakan melangkah. Sedangkan Videobooth 360 dapat dinikmati hanya dengan biaya Rp 15 ribu,” ucapnya.

Terkait dengan tiket masuk, di 2024 ini tarifnya disesuaikan dengan Perda Nomor 10 Tahun 2023. Setidaknya, ada belasan wahana yang berada di dalam Taman Pintar, masing-masing besaran perubahan harganya bervariasi dan rata-rata naik sebesar tiga persen.

“Misalnya tiket masuk Gedung Oval Kotak yang semula dibanderol Rp 12 ribu untuk anak, dan Rp 20 ribu untuk dewasa, yang kini berubah harga menjadi Rp 14 ribu untuk anak dan Rp 24 ribu untuk dewasa,” jelasnya. 

Selain itu, ada pula Wahana Program Kreativitas seperti Kreasi Batik yang semula Rp 18 ribu menjadi Rp 20 ribu. Termasuk Kreasi Gambar yang awalnya Rp 13 ribu menjadi Rp 15 ribu.

Meski harga tiket masuk mengalami sedikit kenaikan, namun hal itu dikatakan tidak menyurutkan minat masyarakat mengunjungi Taman Pintar. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah kunjungan yang terus mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Penerapan tarif baru ini tidak berpengaruh pada kunjungan, masyarakat tetap antusias. Taman Pintar akan terus berinovasi memberikan layanan dan wisata edukasi terbaik serta menarik bagi pengunjung. Termasuk dengan rencana tahun ini untuk peremajaan planetarium system dan pengembangan Dome area di Gedung Oval Kotak untuk menampilkan suasana baru bagi pengunjung,” ucap Karmila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement