Senin 15 Apr 2024 11:53 WIB

Usai Ramadhan, Jusuf Kalla Ajak Umat Islam Tetap Ramaikan Masjid

JK menggelar silaturahim diawali sholat Ashar berjamaah di Masjid Muthmainnul Qulub.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), M Jusuf Kalla.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), M Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), M Jusuf Kalla (JK) mengajak umat Islam terus meramaikan dan memakmurkan masjid meskipun bulan Ramadhan telah usai. Dia mengajak mereka tidak berhenti 'menghidupkan' masjid pada bulan-bulan berikutnya.

"Ramadan tahun ini sudah terlihat lebih ramah. Sehingga harapan kita adalah warga tetap berbondong-bondong ke Masjid untuk menjalankan perintah Allah SWT meski bulan ramadhan telah berlalu," ujar JK saat menggelar silaturrahim dengan warga sekitar di sekitaran Jalan Lamadukelleng, kelurahan Kunjungmae, Kota Makassar dalam keterangannya dikutip pada Senin (15/4/2024).

Baca: Dukungan 3 April Jadi Hari NKRI Bergema di Nginden, Kota Surabaya

Menurut JK, memakmurkan masjid merupakan bagian dari bukti ketaatan hamba kepada tuhannya. "Jadi jangan hanya di bulan Ramadan kita meramaikan masjid. Semangat Ramadan pun harus tetap kita jaga setelah Ramadan," ucap mantan RI 2 tersebut.

Dalam kesempatan itu, JK menggelar silaturahim dengan diawali dengan sholat Ashar berjamaah di Masjid Muthmainnul Qulub. Lokasinya berjarak sekira 100 meter dari kediaman pribadi JK di Kota Makassar. JK yang berjalan kaki ke masjid tersebut terlihat disambut antusias puluhan warga setempat.

Hal sama terlihat usai sholat Ashar. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat ini bahkan dikerumuni warga hanya untuk bersalaman. Tak sedikit warga curhat langsung kepada JK.

Baca: Hadiri Ulang Tahun ke-65 Titiek Soeharto, Prabowo Dapat Cipika-Cipiki

Dia juga sempat memperhatikan secara saksama kondisi Masjid Muthmainnul Qulub. JK sempat berbincang dengan pengurus DKM membahas tentang kondisi masjid.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement