Jumat 12 Apr 2024 17:14 WIB

TNI AD Gandeng Bobon Santoso Masak 1.000 Porsi Daging di Maybrat

Acara memasak mempunyai tantangan tersendiri, karena berada di wilayah konflik.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Chef Bobon Santoso memasak 1.000 porsi daging sapi dalam misi
Foto: Penkorem Sorong
Chef Bobon Santoso memasak 1.000 porsi daging sapi dalam misi

REPUBLIKA.CO.ID,  MAYBRAT -- Satgas TNI Yonif 623/Bhakti Wira Utama (BWU) menggandeng Youtuber, Bobon Santoso memasak 1.000 porsi daging sapi dalam misi 'Kuali Merah Putih' untuk masyarakat Kampung Konja Raya, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Jumat (12/4/2024), guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Maybrat.

Dansatgas Yonif 623/BWU, Letkol Inf Dimas Yamma Putra menjelaskan, kegiatan masak 1.000 porsi daging sapi merupakan bentuk apresiasi Satgas 623/BWU kepada masyarakat. Hal itu karena keteguhan masyarakat Maybrat menjaga NKRI dan Pancasila di wilayahnya.

Baca: Menghadapi Brutalnya OPM Harus dengan Kekuatan Militer

Dimas menyampaikan, acara memasak mempunyai tantangan tersendiri. Pasalnya, prosesnya dilakukan ersis di wilayah rawan konflik, khususnya di Kabupaten Maybrat.

"Walaupun demikian, kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat di Kampung Pancasila Konja, kendati berada di wilayah rawan konflik, kegiatan masak itu tetap dilaksanakan," ucapnya di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Jumat.

Satgas Yonif 623/BWU harus benar-benar memastikan keamanan bagi chef yang juga konten kreator Bobon Santoso beserta timnya. Mulai dari menjemput di Sorong hingga pelaksanaan masak besar di Kabupaten Maybrat tetap dikawal dengan baik.

Baca: Kronologi TNI-Polri Habisi Pimpinan KKB Abubakar Kogoya di Mimika

Menurut Dimas, kegiatan memasak dengan 1.000 porsi daging sapi juga merupakan satu kepedulian kepada masyarakat di Kabupaten Maybrat. Terbukti, masyarakat berbondong ingin mencicipi makanan lezat tersebut.

Penggagas acara, Letda Chk Fikri Rahadianto mengatakan untuk masakan kali ini, koki Bobon Santoso menyajikan menu daging sapi sebanyak 1.000 porsi, yang dimasak dengan bumbu rendang. Kemudian, Bobon menggunakan kuali raksasa berukuran diameter 180 sentimeter untuk mengolah makanannya.

"Dalam kegiatan memasak tersebut, Bobon Santoso beserta tim dibantu oleh personel Satgas Yonif 623/BWU dan masyarakat," kata Fikri.

Kuali Merah Putih adalah proyek masak besar yang diprakarsai oleh Bobon Santoso, seorang chef ternama dan konten kreator di Indonesia. Proyek ini bertujuan untuk menyebarkan kebahagiaan melalui masakan kepada masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya di Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat.

Baca: Aparat Gabungan Tewaskan Dedengkot KST Papua Abubakar Kogoya

"Masyarakat Distrik Aifat Utara sangat antusias menyambut kedatangan chef Bobon Santoso, kemudian diarak berkeliling kampung dengan tarian khas dan diterima sebagai tamu kehormatan di Maybrat," ujar Bobon.

Sambil menunggu hidangan masak, Bobon juga melihat program unggulan yang dimiliki Satgas Yonif 623/BWU, yaitu 'Truk Banua Mace Pace' yang memiliki arti 'Membangun Semua Masyarakat Cerdas Papua Ceria'. Program tersebut bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan sambil memberikan makanan ringan dan susu kepada anak-anak.

Dibagikan ke enam kampung...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement