Kamis 11 Apr 2024 17:39 WIB

Gerindra Ungkap Ada Upaya Percepatan Rekonsiliasi dengan PDIP

Waketum Gerindra sebut ada upaya untuk mempercepat rekonsiliasi dengan PDIP.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman. Waketum Gerindra sebut ada upaya untuk mempercepat rekonsiliasi dengan PDIP.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman. Waketum Gerindra sebut ada upaya untuk mempercepat rekonsiliasi dengan PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan bahwa Prabowo Subianto memiliki semangat rekonsiliasi dengan semua pihak usai pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Termasuk dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Komunikasi informal disebutnya sudah terjalin antara Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani. Menurutnya, komunikasi tersebut adalah pintu untuk mempercepat terjadinya rekonsiliasi.

Baca Juga

"Pokoknya menunjukkan keakraban dan kedekatan yang amat luar biasa, personal. Tapi karena beliau adalah petinggi dua koalisi, saya pikir akan menjadi faktor di dalam dipercepatnya rekonsiliasi ini," ujar Habiburokhman di rumah dinas Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Jakarta, Kamis (11/4/2024).

Di samping itu, ia mengungkapkan salah satu arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Prabowo. Arahan tersebut adalah untuk bertemu pihak-pihak yang sebelumnya menjadi lawan politik pada Pilpres 2024.

Ia mengatakan, Prabowo meniru langkah Jokowi ketika merangkul pihaknya usai Pilpres 2019. Menurutnya, Indonesia yang besar memerlukan rekonsiliasi dari semua pihak untuk masa depan yang lebih baik.

"Pasti lah, itu salah satu dari komunikasi mereka kan bagaimana mengimplementasikan politik merangkul," ujar Habiburokhman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement