Ahad 07 Apr 2024 17:38 WIB

Inovasi Health Tourisme, RSPB Gandeng Mercedes-Benz

Kemenkes melaporkan, kunjungan medis warga RI keluar negeri senilai Rp 161 triliun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB) menggandeng Mercedes-Bens Distributor Indonesia untuk mendukung wisata medis di Indonesia.
Foto: Republika.co.id
Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB) menggandeng Mercedes-Bens Distributor Indonesia untuk mendukung wisata medis di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGSEL -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2021 melaporkan, Indonesia menjadi kontributor terbesar dalam kunjungan medis ke luar negeri dengan total transaksi Rp 161 triliun. Wisata Kesehatan telah ditetapkan sebagai salah satu program prioritas strategis nasional pemerintah Republik Indonesia. 

Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB) juga memfokuskan pada layanan wisata medis (health tourism), yang ditandai dengan ditetapkannya RSPB sebagai penyelenggara wisata medis berdasarkan Keputusan Dirjen Pelayanan Kesehatan Nomor: HK.02.2/1/3585/2022 pada tanggal 31 Oktober 2022. Sebelumnya RSPB juga sudah bekerja sama dengan Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi) dalam penyelenggaraan wisata medis.

Kerja sama itu ditandatangani pada 10 Oktober 2021, yang disaksikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Kini, RSPB menggandeng Mercedes-Benz Distributor Indonesia untuk menyediakan patient experience bagi pasien maternity dan yang berasal dari luar kota, menggunakan Mercedes-Benz tipe S Class maupun V Class.

Untuk mewujudkannya, RSPB melangsungkan penandatanganan kerja sama health tourism bersama Mercedes-Benz di Ballroom Annex RSPB, Kota Tangerang Selatan, Jumat, beberapa waktu lalu. CEO RSPB dr Martha ML Siahaan menjelaskan, kerja sama tersebut terjalin untuk meningkatkan layanan kepada para pasien dan juga komitmen mendukung program pemerintah.

"Kerja sama ini juga untuk memberikan pengalaman kepada para pasien untuk merasakan kenyamanan Mercedes-Benz. Semoga seluruh praktisi kesehatan dapat terus berinovasi dalam menyempurnakan program yang dicanangkan oleh pemerintah ini, agar dapat merangsang masyarakat datang ke Banten dan menjadikan Banten sebagai tujuan untuk health tourism," ucap Martha dalam siaran pers di Jakarta, Ahad (7/4/2024).

Sales & Marketing Director Mercedes-Benz Distributor Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto menyampaikan, pihaknya sangat bangga dapat turut serta menjadi bagian dari program health tourism yang bergandengan dengan RSPB. "Diharapkan masyarakat Indonesia dapat melakukan perjalanan wisata medis, mendapatkan kesembuhan dari penyakitnya dan juga merasakan pengalaman bersama Mercedes-Benz," ucap Kariyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement