REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka memperkenalkan potensi yang belum banyak terjamah dari tanah air, Aracoco, yang bergerak di bidang produksi briquette arang kelapa, mengajak masyarakat luas untuk menggali lebih dalam "Permata Tersembunyi dari Indonesia." Dengan komitmen yang teguh terhadap inovasi dan kualitas, Aracoco berusaha menonjolkan keunikan dan nilai tambah yang dapat ditawarkan oleh Indonesia kepada dunia melalui produknya.
Di balik keberhasilan dan inovasi Aracoco, terdapat sosok Moses Matheus, CEO muda yang penuh inspirasi dan kekuatan. "Indonesia dikenal akan kekayaan sumber daya alamnya yang luar biasa, dan kami di Aracoco berkomitmen untuk memanfaatkan sumber daya tersebut dengan bertanggung jawab. Briquette arang kelapa kami bukan sekedar produk, melainkan cerminan dari dedikasi kami untuk selalu meningkatkan proses produksi, memenuhi kepuasan pelanggan, dan menjalankan tanggung jawab sosial kami terhadap masyarakat," kata dia, Sabtu (6/4/2024).
Sepanjang perjalanan Aracoco, berbagai tantangan muncul, terutama dalam hal kualitas dan konsistensi bahan baku, serta koordinasi dengan petani lokal. Namun, Aracoco melihat ini bukan sebagai kendala, melainkan sebagai peluang untuk berkembang. Keputusan untuk mendirikan tempat pembakaran sendiri bukan hanya berhasil memastikan kualitas bahan baku, tetapi juga memberikan kesempatan kepada Aracoco untuk memberdayakan dan mendidik petani lokal
Dalam persiapan operasional pabrik, Moses Matheus bersama timnya menghabiskan waktu enam bulan untuk penelitian mendalam, bekerja sama dengan seorang ahli dari industri otomotif. "Kami tidak hanya mendirikan pabrik, kami menginovasi proses produksi," ujar beliau. Semua aspek, dari ukuran penggilingan di Crusher hingga suhu ideal dalam proses Blending, diobservasi dan dianalisa dengan teliti.
Saat ini, Aracoco telah menjadi simbol inovasi dan dedikasi.