Kamis 21 Mar 2024 14:36 WIB

Pendaftar Golden Ticket Unair Capai 1.405 Orang

Ada dua kategori kandidat penerima golden ticket.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah
Universitas Airlangga (Unair).
Foto: Dok. Unair
Universitas Airlangga (Unair).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof. Mohammad Nasih telah mengumumkan kandidat calon mahasiswa baru yang bisa masuk melalui jalur golden ticket. Proses pendaftaran calon mahasiswa Unair melalui jalur golden ticket telah dilangsungkan sejak Kamis (15/2/2024).

Nasih mengungkapkan, jumlah pendaftar golden ticket Unair tahun ini mencapai 1.405 orang. Ada dua kategori kandidat penerima golden ticket. Pertama, golden ticket murni.

Baca Juga

"Kami menilai golden ticket murni dari prestasinya. Bobot prestasi sebanyak 45 persen," ujarnya, Kamis (21/3/2024).

Nasih menjelaskan prestasi yang dimaksud bisa di bidang olahraga, sain, teknologi, dan sebagainya. Selain prestasi, kata Nasih, nilai akademik juga tetap menjadi penentunya.

"Artinya, kalau ada penerima golden ticket murni, namun ternyata peringkatnya di bawah yang tidak diterima, alasan pertama adalah karena prestasinya. Prestasinya sangat berbobot," ujarnya.

Kategori kedua adalah golden ticket hybrid. Kategori ini memposisikan bobot prestasi sebanyak 15 sampai 20 persen.

Bobot penilaian lainnya berasal dari rekam jejak akademik serta sekolah. Nantinya, para kandidat ini akan Unair usulkan untuk bisa diterima pada jalur SNBP.

Nasih melanjutkan, pengumuman SNBP sendiri baru akan berlangsung pada 26 Maret 2024. Nasih menyebutkan, kuota penerimaan mahasiswa baru Unair jalur SNBP tahun ini sekitar 1.890 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement