Senin 18 Mar 2024 20:01 WIB

Menhan Prabowo Bahas Upacara Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara

Pemerintah akan menggelar upacara kemerdekaan ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menhan Prabowo Subianto bersama ajudan Mayor Inf Teddy Indra Wijaya di kawasan ibu kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (18/3/2024).
Foto: Republika.co.id
Menhan Prabowo Subianto bersama ajudan Mayor Inf Teddy Indra Wijaya di kawasan ibu kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (18/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM PASER UTARA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membahas kesiapan pelaksanaan upacara Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 di kawasan ibu kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (18/3/2024).

"Menhan bahas kesiapan pelaksanaan upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2024," kata Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun usai mengikuti pertemuan tertutup bersama Menhan Prabowo di Penajam, Senin.

Baca: Kapuspen Tegaskan TNI tak Terkait WNI Jadi Tentara Bayaran Ukraina

 

Pertemuan tertutup bersama Menhan Prabowo Subianto itu dilakukan di ruang pertemuan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) Kota Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. "Yang dibahas kesiapan lapangan upacara dan sarana pendukung lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan upacara kenegaraan itu," jelas Makmur.

Menurut dia, oertemuan itu juga membahas kesiapan pembangunan kantor pemerintahan yang bakal digunakan setelah pelaksanaan upacara kemerdekaan. Termasuk, kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara dalam memberikan daya dukung di ibu kota negara baru Indonesia.

Baca: Menhan Prabowo Subianto Kunjungi IKN

 

Pembangunan jalan tol dam prasarana penunjang transportasi Nusantara yang dibangun di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, diharapkan segera rampung agar transportasi pejabat dan tamu negara tidak terhambat dan lancar. "Menhan sampaikan terkait mekanisme pelaksanaan upacara dan juga ingin mengetahui sejauh mana kesiapan sarana prasarana," kata Makmur.

 

Menurut dia, Menhan Prabowo bisa memahami kondisi di Kabupaten Penajam Paser Utara. "Beliau pahami kondisi dan persiapan di Kota Nusantara, dan minta dapat terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Makmur.

 

Menhan Prabowo juga sekaligus melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi pembangunan di kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara terutama istana dan kantor kepresidenan, serta lapangan upacara yang berada di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca: Gara-Gara Mayor Teddy, Akun Instagram Yonif 328 Diserbu Warganet Perempuan

 

Rombongan Prabowo setelah melakukan kunjungan di Tanah Bambu, Kalimantan Selatan pada Ahad (17/3/2024), mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Kota Balikpapan, Senin pagi. Kemudian, ia melanjutkan perjalanan melalui jalur udara dengan helikopter Super Puma menuju Kota Nusantara, dan kembali ke Jakarta sekitar pukul 11.30 WITA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement