Senin 18 Mar 2024 19:22 WIB

Sejarah Baru, PKB dapat Kursi di Sumbar, Ini Respons Cak Imin

Cak Imin bangga PKB kini ikut dipercaya warga Sumbar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Teguh Firmansyah
Capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat menanggapi isu terkini pemilu di kawasan Jakarta Utara, Jumat (1/3/2024).
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat menanggapi isu terkini pemilu di kawasan Jakarta Utara, Jumat (1/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk pertama kalinya mendapatkan kursi DPR RI dari Provinsi Sumatra Barat. Sebelumnya sejak partai tersebut berdiri, belum pernah ada caleg DPR RI PKB dari Sumbar berhasil menang.

Di Pemilu 2024 ini, PKB berhasil menyegel 1 kursi dari Sumbar. Yakni oleh Rico Alviano. Rico maju dari Dapil Sumatra Barat I yang meliputi Kabupaten Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Padang, Kota Padang Panjang, Kota Sawahlunto, dan Kota Solok. Rico tercatat mendapatkan suara sebanyak 35.942 suara. 

Baca Juga

Keberhasilan mendapatkan 1 kursi DPR RI dari Sumbar ini turut disyukuri Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. 

"Pecah telur anggota DPR RI PKB dari Sumbar. Terima kasih warga Sumbar," kata Muhaimin melalui akun X @CakimiNOW, dikutip Senin (18/3/2024). 

Cak Imin merasa banggsa kini PKB mendapatkan kepercayaan dari warga Sumbar. Sehingga kini ada warna Sumbar di dalam fraksi PKB di DPR RI periode 2024-2029 mendatang.

Cawapres pendamping Anies Baswedan itu juga berterima kasih kepada Rico dan segenap pengurus DPW PKB Sumbar karena telah bekerja keras memenangkan partai dan juga pasangan Anies-Muhaimin di Sumbar. 

Diketahui Sumbar adalah satu di antara dua provinsi yang dimenangkan Anies-Muhaimin. Pasangan yang diusung Koalisi Perubahan ini mendapatkan 1.744.042 suara atau 56,53 persen. Sedangkan di posisi kedua ada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan 1.217.314 suara atau 39,45 persen.Sementara itu, pasangan Ganjar Pranowo- Mahfud MD, berada di peringkat ketiga dengan perolehan suara 124.044 atau 4,02persen.

Selain PKB pecah rekor juga didapati Partai Nasdem yang ikut usung Anies-Muhaimin. Nasdem yang sebelumnya di Pemilu 2019 hanya dapat 1 kursi di Sumbar, kini mendapatkan 3 kursi. Yakni dua kursi di dapil Sumbar I untuk Lisda Hendrajoni dan Shadiq Pasadigue dan 1 kursi di dapil Sumbar II untuk Cindy Monica Salsabila. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement