Senin 18 Mar 2024 15:30 WIB

PAN Klaim Koalisi Indonesia Maju Berlanjut di Pilkada

Partai di Koalisi Indonesia Maju memetakan daerah mana saja yang bisa berkoalisi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Sekjen PAN, Eddy Soeparno.
Foto: Tangkapan Layar/Dok Rep
Sekjen PAN, Eddy Soeparno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengatakan bahwa ada komitmen jangka panjang dari partai politik yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju. Termasuk melanjutkan koalisi tersebut dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Koalisi ini tidak hanya merupakan koalisi permanen di DPR saja tetapi juga di pilkada ya. Nah di berbagai pilkada yang akan ada nanti kita akan duduk bersama dari teman-teman Koalisi Indonesia Maju," ujar Eddy di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Baca Juga

Saat ini, partai politik Koalisi Indonesia Maju tengah memetakan daerah-daerah mana saja yang dapat dilanjutkan ke pilkada. Kendati demikian, mereka tak menutup peluang partai politik di luar koalisi untuk bergabung.

"Saat ini saja kita sudah memiliki kepala daerah yang bermitra dengan partai di luar Koalisi Indonesia Maju ya, ini kan kita akan bahas, tetapi kami akan mendahulukan Koalisi Indonesia Maju untuk bermitra koalisi dalam mengusung calon-calon kepala daerah ke depannya," ujar Eddy.

Sebelumnya, tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan, yakni Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ingin mempertahankan koalisi tersebut saat menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Pertemuan ini sebenarnya ingin menunjukkan kepada publik kami sungguh-sungguh berusaha untuk terus mempertahankan koalisi ini sampai pilkada," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya akan bergilir mengadakan pertemuan setiap pekannya dengan tiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan. "Hanya malam ini saja kita bersama, pekan depan di PKS, pekan depannya lagi di PKB dan seterusnya," katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem DKI Jakarta Wibi Andrino berharap koalisi partai yang dibangun nantinya juga bisa berada di tingkat daerah. "Arahan dari DPP khususnya NasDem berharap koalisi yang dibangun di tingkat nasional bisa juga dibangun di tingkat daerah," ujar Wibi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement