Rabu 13 Mar 2024 14:22 WIB

Ini Empat Alasan PKS Bisa Menang di Jakarta Menurut Pengamat

PKS memenangkan suara terbanyak di Jakarta, baik di Pileg Provinsi maupun DPR RI.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Pengamat Politik Ujang Komarudin
Foto:

Ujang melanjutkan, faktor keempat yakni kerja keras dari para caleg PKS yang dinilai mampu memberi efek yang cukup besar pada perolehan suara Pileg. 
 
"Yang keempat PKS juga bersandar pada kerja keras dari caleg-calegnya. Mungkin habis-habisan mati-matian untuk bisa menang atau unggul di banyak daerah termasuk di DKI. Karena kalau bicara PKS, PKS itu pernah menang di DKI pada 2004. Sekarang 2024 menang lagi PKS," kata dia. 
 
Sebelumnya diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta merilis data hasil perhitungan perolehan suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga menduduki posisi nomor satu.
 
Berdasarkan data KPU DKI Jakarta yang bersumber dari berita acara dan sertifikat hasil perhitungan suara tingkat KPU Provinsi DKI Jakarta, dari total 18 partai politik, PKS menjadi jawara dengan perolehan suara DPR RI tingkat Provinsi DKI Jakarta sebanyak 1.143.912 atau 19 persen. PKS ungguli Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di posisi kedua dengan raihan 941.794 suara atau 15,65 persen.
 
PKS sebelumnya juga unggul pada perolehan suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. PKS menjadi jawara dengan raihan suara 1.012.028, atau sekitar seperenam dari total suara sah parpol dari dapil Jakarta 1 hingga dapil Jakarta 10 sebanyak 6.067.241 suara. Eva Rianti 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement