Jumat 08 Mar 2024 22:44 WIB

Nyepi, RSUP Prof Ngoerah Denpasar Tutup Layanan Rawat Jalan 8-12 Maret

RSUP Prof Ngoerah/Sanglah Denpasar tutup sementara pelayanan bagi pasien rawat jalan.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Rumah Sakit (ilustrasi). Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah/Sanglah Denpasar menutup sementara pelayanan bagi pasien rawat jalan. Penutupan dilakukan berhubungan dengan Hari Raya Nyepi.
Foto: pixabay
Rumah Sakit (ilustrasi). Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah/Sanglah Denpasar menutup sementara pelayanan bagi pasien rawat jalan. Penutupan dilakukan berhubungan dengan Hari Raya Nyepi.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah/Sanglah Denpasar menutup sementara pelayanan bagi pasien rawat jalan. Penutupan dilakukan sementara mulai Jumat 8 Maret sampai Selasa 12 Maret 2024 berhubungan dengan Hari Raya Nyepi.

"Untuk poliklinik rawat jalan tutup mulai 8 Maret sampai 12 Maret 2024," kata Plt Direktur Layanan Operasional RS Prof Ngoerah/RSUP Sanglah Denpasar Dr I Gusti Ngurah Ketut Sukadarman di Denpasar, Bali, Jumat (8/3/2024).

Baca Juga

Namun demikian, pelayanan pasien di unit gawat darurat (UGD) tetap berjalan seperti biasa termasuk pada saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi Senin 11 Maret 2024. Sukadarman mengatakan untuk pelayanan lain seperti dokter spesialis penyakit dalam, dokter anak, obgyn, dokter bedah dibantu oleh anastesi, radiologi, dokter umum selalu disiagakan untuk membantu terutama membantu pasien-pasien yang termasuk dalam kategori darurat.

Untuk layanan radioterapi akan ditutup mulai 9 Maret sampai 12 Maret 2024, sehingga pasien yang berencana untuk melakukan layanan kesehatan jenis itu diminta untuk datang setelah puncak hari Raya Nyepi. RSUP Prof Ngoerah sendiri menyiapkan kantin koperasi yang menyediakan segala kebutuhan bagi keluarga pasien yang berjaga di rumah sakit. Begitu pula untuk kebutuhan logistik bagi petugas akan disediakan khusus oleh pihak rumah sakit.

"Untuk konsumsi petugas, kami sudah menyiapkan segala sesuatunya, sementara untuk penunggu pasien bisa memanfaatkan layanan koperasi yang selama ini menyiapkan kebutuhan dari para pengunjung RS Ngoerah," katanya.

Sudarman berharap para pengunjung RSUP Ngoerah mematuhi segala larangan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Bali sebagaimana yang tertuang dalam keputusan Gubernur Bali bersama pemangku kepentingan lainnya. Untuk menjaga agar situasi di RSUP Sanglah tetap aman selama Nyepi, pihak RS berkoordinasi dengan pecalang desa adat setempat.

"Kami berharap semua masyarakat pengguna layanan kesehatan RS Ngoerah jangan khawatir karena kita sudah mempersiapkan segala sesuatu pada saat Nyepi dengan baik," kata Sukadarman.

Adapun Hari Raya Nyepi jatuh pada Senin, 11 Maret 2024 merupakan perayaan suci yang dirayakan oleh umat Hindu setiap Tahun Baru Saka. Pada saat Nyepi, umat Hindu melakukan tapa brata penyepian atau empat pantangan yakni tidak bepergian, menyalakan api, mengeluarkan kalimat tertentu dan melaksanakan kegiatan yang bersifat bersenang-senang. Nyepi memiliki makna mendalam bagi umat Hindu yakni sebagai bentuk pengendalian diri dan ketaatan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement