Kamis 07 Mar 2024 00:02 WIB

Golkar Jabar Klaim Raih 18 Kursi DPR RI, 20 Kursi DPRD Provinsi

Raihan kursi di DPRD Kabupaten dan Kota di Jawa Barat pun naik signifikan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andri Saubani
Ketua DPP Partai Golkar yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (12/4).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPP Partai Golkar yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (12/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Partai Golkar Jawa Barat (Jabar) mengeklaim meraih 18 kursi untuk jenjang DPR RI serta 20 kursi untuk DPRD Provinsi Jawa Barat di pemilihan legislatif (pileg) tahun 2024. Raihan kursi di DPRD Kabupaten dan Kota di Jawa Barat pun mengalami kenaikan signifikan mencapai 211 kursi.

Ketua DPD Partai Golkar Jabar Ace Hasan Sadzily mengatakan telah melakukan rapat dengan seluruh ketua DPD di 27 kabupaten kota se-Jawa Barat. Mereka melaporkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten kota dan mayoritas sudah selesai.

Baca Juga

"Walau ada beberapa kabupaten kota masih berlangsung rekapitulasi suara, dari laporan yang diterima para pengurus DPD kabupaten kota. Alhamdulillah partai Golkar Provinsi Jabar menjadi juara dalam pemilu 2024," ucap Ace didampingi Ketua DPD kabupaten kota se Jawa Barat dan Sekretaris MQ Iswara di Kantor Golkar Jabar Jalan Maskumambang, Rabu (6/4/2024).

Ace menuturkan, raihan kursi DPR RI tahun 2024 mencapai 18 kursi mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2019 yang hanya 14 kursi. Sedangkan raihan kursi untuk DPRD Provinsi Jabar tahun 2024 menjadi 20 naik dibandingkan tahun 2019 hanya 16 kursi.

"DPR RI kita mengalami kenaikan dari 14 menjadi 18 kursi. Untuk DPRD Provinsi Jabar alhamdulillah mengalami kenaikan laporan sementara dari 16 kursi hari ini partai Golkar mengalami kenaikan 4 kursi posisi partai Golkar hari ini tahun 2024 menjadi 20 kursi," kata Ace.

Sedangkan tingkat kabupaten kota, Ace mengatakan raihan kursi mengalami kenaikan signifikan di 16 kabupaten kota di Jawa Barat. Kenaikan kursi beragam mulai dari 100 persen, 80 persen, 50 persen hingga 40 persen.

"Prinsipnya ada tiga kabupaten kota sudah dikuasai Golkar yaitu Garut, Kota Banjar dan Indramayu. Dengan melihat laporan dari kabupaten kota dan kami menyampaikan data di tahun 2019 partai Golkar DPRD kabupaten kota 194 mengalami kenaikan menjadi 211 kursi," kata dia.

Ace mengungkapkan, kemenangan Partai Golkar merupakan kemenangan kader dan hasil kerja keras partai dan pengurus di tingkat kabupaten kota serta provinsi. Selain itu para caleg.

"Tentu ini berkat komando dari ketua umum partai golkar Airlangga Hartarto memberikan khusus kepada Provinsi Jabar yang dalam tiga bulan terakhir sangat intensif melakukan kunjungan di Jawa Barat ini memberikan energi positif bagi kemenangan Golkar di Jabar," ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement