Senin 04 Mar 2024 13:23 WIB

Wacana Koalisi Perubahan Satukan Kekuatan di Pilgub DKI 2024 Menguat

Konsolidasi di antara partai Koalisi Perubahan kini sudah mulai terbangun.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Sekjen DPP Partai Nasdem Hermawi Taslim di Nasdem Tower, Rabu (15/11/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Sekjen DPP Partai Nasdem Hermawi Taslim di Nasdem Tower, Rabu (15/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai koalisi Perubahan meliputi Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dikabarkan bakal melebarkan sayap koalisi di pemilihan gubernur (Pilgub) 2024. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim.

Hermawi menyampaikan, sudah mulai terbangun konsolidasi di antara partai Koalisi Perubahan atau koalisi 01 pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ‘AMIN’ dalam Pilpres 2024. Komunikasi itu masih berlangsung hingga saat ini.  

Baca Juga

“Sudah mulai dibangun komunikasi di antara sesama koalisi 01, memang belum ada kesimpulan, tapi secara prinsip kita siap memperbesar koalisi di tingkat DKI,” kata Hermawi kepada wartawan, dikutip Senin (4/3/2024).

Hermawi menuturkan pihaknya terbuka untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan lebih lanjut mengenai kesiapan Pilgub DKI Jakarta. Menurut penuturannya, Partai Nasdem, PKS, dan PKB memang memiliki kekuatan kursi untuk bisa berkoalisi lebih lanjut.

“PKS dapat 18-20 kursi, raih posisi ketua DPRD, Nasdem 10-11, PKB 9-10 kursi, mudah-mudahan keduanya raih posisi wakil. Tiga anggota 01 naik tajam di tingkat DKI,” ungkapnya.

Dengan potensialnya kursi partai Koalisi Perubahan, Hermawi meyakini ketiga partai memiliki kekuatan untuk bersatu memenangkan Pilgub DKI Jakarta pada tahun ini. Ia pun yakin koalisi itu bisa sama-sama diperjuangkan oleh ketiga partai yang sebelumnya ‘banting tulang’ memenangkan AMIN di Pilpres.

“Kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan koalisi ini di tingkat DKI,” tegasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement