Senin 04 Mar 2024 10:55 WIB

Harga Beras Masih Naik, Jokowi: Jangan Terus Ditanyakan ke Saya, Cek di Lapangan

Tolong jangan terus ditanyakan ke saya, cek di lapangan sendiri.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau persedian beras di Gudang Bulog, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau persedian beras di Gudang Bulog, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar tidak terus menerus ditanya mengenai masalah harga beras yang hingga kini belum mengalami penurunan di beberapa daerah. Ia mengimbau semua pihak agar memeriksa langsung harga beras di berbagai pasar, seperti Pasar Induk Beras Cipinang dan Pasar Johar Karawang.

"Coba dicek semuanya, dicek langsung, jangan ditanyakan ke saya. Meskipun saya tahu setiap hari harga itu naik turunnya saya tahu, tapi tolong jangan terus ditanyakan ke saya, cek di lapangan sendiri, berbondong-bondong ke sana ya," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Menurut Jokowi, harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang dan Pasar Johar Karawang memang sudah mengalami penurunan. Meskipun begitu, ia mengakui, kondisi harga beras di pasar tersebut tidak merepresentasikan harga di berbagai daerah lainnya di Tanah Air.

"Ditanyakan saja. Tolong berbondong-bondong ke pasar induk beras Cipinang dan juga ke pasar beras di pasar Johar Karawang, dilihat di lapangan, sudah turun. Tapi memang itu tidak merepresentasikan harga-harga di seluruh Tanah Air, di beberapa provinsi," jelas mantan gubernur DKI Jakarta.

 

Jokowi memastikan, pemerintah telah melakukan persiapan ketersedian berbagai bahan pangan, termasuk beras, menjelang bulan Ramadan. Menurut dia, ketersediaan pasokan beras pun sudah cukup aman. Sedangkan untuk bahan pangan lainnya masih akan dilihat lebih detil di lapangan.

"Ini mau Lebaran sehingga persiapan-persiapan mengenai ketersediaan, utamanya bahan pokok itu menjadi sangat penting. Untuk beras saya kira stoknya tidak ada masalah, dan bahan-bahan lainnya nanti secara detail saya lihat di lapangan," ujar Jokowi.

Baca: Dua Mantan Ajudan Presiden Jokowi Jabat Pangdam

Dia pun berharap, panen raya yang akan segera tiba dalam satu bulan ke depan bisa menurunkan harga beras. Selain itu, Jokowi menyebut, harga gabah petani juga sudah mulai turun. Namun, ia meminta agar penurunan tidak drastis sehingga para petani masih bisa mendapatkan keuntungan.

"Kita harapkan karena panen raya akan di lapangan mulai panen dan panen raya segera mungkin dalam satu bulan ke depan akan terjadi, saya kira harga itu akan turun banyak," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement