Sabtu 02 Mar 2024 18:15 WIB

Raihan Suara PSI di Sirekap KPU 'Meledak' Saat Jumlah Suara Partai Kecil Lain Berkurang

Suara PSI bertambah hampir 400 ribu dalam 6 hari sehingga kini di angka 3,13 persen.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat berkampanye di Pemilu 2024.
Foto:

Sebelumnya, peneliti dari Economics & Political Insight (EPI) Center Mursalin mengatakan PSI masih berpeluang menembus ambang batas parlemen 4 persen. Mursalin mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di KPU masih berjalan dan masih ada peluang PSI mendapatkan tambahan suara. 

"PSI masih memiliki peluang untuk bisa lolos ke parlemen," kata Mursalin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad (25/2/2024).

Mursalin merujuk survei yang dilakukan EPI Center pada 9 hingga 15 Januari 2024 atau sebulan sebelum pencoblosan memprediksi elektabilitas PSI mencapai 4,2 persen, dengan margin of error sekitar 2,89 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Seperti halnya survei sebelum pencoblosan, hasil quick count sesaat setelah pencoblosan pun memiliki margin of error, dengan kisaran paling tidak sebesar 1 persen," jelas Mursalin.

Sementara, Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina juga menilai PSI masih berpeluang meraih 4 persen suara dan menembus ambang batas parlemen atau parliamentary threshold. Menurut data miliknya, sejak dua pekan menjelang pencoblosan elektabilitas partai pimpinan Kaesang Pangarep itu sudah memenuhi 4 persen suara.

"Survei Data Riset Analitika pada 2-3 minggu menjelang pencoblosan mencatat elektabilitas PSI berada di atas ambang batas (parliamentary threshold) 4 persen," kata Nana dalam keterangan tertulis, Ahad (25/2/2024).

Nana mengatakan, hasil quick count dari sejumlah lembaga survei, menempatkan PSI pada kisaran 2,62-2,90 persen, atau mendekati 3 persen. Kemudian, dengan memperhitungkan margin of error di atas 1 persen, PSI masih memiliki peluang untuk meraih suara total 4 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement