Jumat 23 Feb 2024 21:08 WIB

Kang Emil OTW Jakarta, Golkar: Akan Segera Diputuskan

Ketua DPP Golkar mengatakan Emil merupakan kader berpengalaman jadi kepala daerah.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Gita Amanda
Partai Golkar memberikan sinyal untuk memajukan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Kang Emil untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta, (ilustrasi)
Foto: dok. Republika
Partai Golkar memberikan sinyal untuk memajukan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Kang Emil untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golkar memberikan sinyal untuk memajukan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Kang Emil untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ketua DPP Golkar Dave Laksono mengatakan, Emil merupakan kader partai berpengalaman sebagai kepala daerah. Dave mengatakan, Partai Golkar akan segera mengumumkan.

“Nanti pada waktunya akan diputuskan partai,” begitu kata Dave melalui pesan singkat kepada Republika, pada Jumat (23/2/2024). Dave mengirimkan juga video tentang penantian Partai Golkar untuk Emil segera hadir di Jakarta untuk Pilgub 2024 ini. “Kang Ridwan Kamil kami tunggu di Jakarta,” dalam video tersebut.

Baca Juga

Pilkada DKI Jakarta dijadwalkan pada November 2024 mendatang. Salah satu agenda dalam pesta demokrasi daerah tersebut, adalah pemilihan gubernur dan wakil gubernur periode 2024-2029. Partai Golkar adalah salah-satu faksi politik yang diperhitungkan untuk menyorong kadernya sebagai salah-satu calon. Dan Kang Emil, sebagai salah-satu kader yang digadang-gadang Partai Golkar untuk melaju ke Pilkada DKI Jakarta. 

Emil juga punya latar belakang kepemimpinan di daerah. Politikus kelahiran Bandung 1971 itu adalah mantan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Kang Emil turut ambil bagian dalam tim pemenangan Paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketokohan Emil di Jawa Barat, diyakini sebagai salah-satu faktor tingginya angka keterpilihan Prabowo-Gibran di Jawa Barat. Pun ketokohan Kang Emil di Jawa Barat itu diyakini yang memengaruhi peningkatan angka perolehan suara Partai Golkar.

 

Tabiat politik Emil untuk maju sebagai cagub DKI Jakarta itu, pun baru-baru ini terlihat dari sejumlah papan reklame di Jakarta yang memperlihatkan gambar Kang Emil membawa tas ransel sambil tersenyum. Iklan politik tersebut bertuliskan keterangan, “OTW ke Jakarta nihhh”.

Sejumlah pakar politik menafsirkan papan iklan tersebut, sebagai pemanasan, dan informasi yang menguatkan Kang Emil akan ambil bagian sebagai calon peserta Pilgub DKI Jakarta 2024. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement