Rabu 21 Feb 2024 09:45 WIB

IAI Kerja Sama dengan Sejumlah Perguruan Tinggi Selenggarakan Prodi Profesi Arsitek

Prodi profesi arsitek akan diminati para mahasiswa baru.

Pengunjung mengamati karya dalam Jakarta Architecture Festival 2023 di Jakarta, Jumat (22/9/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Pengunjung mengamati karya dalam Jakarta Architecture Festival 2023 di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bersama sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) Sulawesi Selatan bekerja sama dalam pembukaan Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr).

PTS tersebut yaitu Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) dan Universitas Bosowa (Unibos).

Baca Juga

Dekan Fakultas Teknik Unibos Makassar Dr Nasrullah melalui keterangannya di Makassar, Selasa, menyatakan dalam 1-2 tahun mendatang, PPAr akan dibuka di Universitas Bosowa.

"Langkah menuju pembukaan PPAr ini sudah dimulai terlebih dahulu melalui audiensi antara Rektor Universitas Bosowa dengan IAI Sulsel pada 22 Januari 2024," kata dia.

Program PPAr berlangsung selama satu tahun sebagai pelengkap pendidikan sarjana (S1) arsitektur yang berdurasi empat tahun.

Tujuan utama dari PPAr adalah untuk menyamakan standar pendidikan arsitektur di Indonesia dengan standar yang ditetapkan oleh Persatuan Arsitek Internasional (UIA). PPAr sendiri menjadi prasyarat bagi para sarjana arsitektur sebelum mereka dapat menjadi arsitek berlisensi.

Ia menyatakan, dengan adanya kerja sama antara IAI dan PTS di Sulawesi Selatan serta rencana pembukaan PPAr di Universitas Bosowa, diharapkan akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur.

"Termasuk persiapan para calon arsitek, khususnya di lingkup wilayah timur Indonesia," ujarnya.

Program PPAr di Sulawesi Selatan saat ini hanya tersedia di Universitas Hasanuddin, dan akan segera diikuti oleh UIN Alauddin.

Sebelumnya, ketiga PTS yakni UMI, Unismuh dan Unibos telah melakukan teken nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan IAI. MoU ini menjadi tonggak penting dalam membangun kerja sama antara IAI dan PTS di Sulawesi Selatan, sekaligus sebagai langkah awal persiapan pembukaan Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr).

Prosesi tersebut tidak hanya memperkuat hubungan antara IAI dan PTS, tetapi juga menggarisbawahi komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur di wilayah Sulawesi Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement