Sabtu 17 Feb 2024 18:36 WIB

Prabowo ke SBY di Pacitan: Beliau Dulu Komandan Saya

"Sekarang ganti Pak Prabowo menjadi komandan saya," ucap SBY sambil hormat.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Capres Prabowo Subianto Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Museum dan Galeri SBY*ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (17/2/2024).
Foto: Antara/(Destyan Handri Sujarwoko
Capres Prabowo Subianto Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Museum dan Galeri SBY*ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (17/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN -- Calon presiden (capres) nomor urut 2 sekaligus pemenang Pemilu 2024 versi quick count, Prabowo Subianto secara khusus menemui Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Museum dan Galeri SBY*ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (17/2/2024).

Kedatangan Prabowo disambut hangat SBY, yang didampingi kedua putranya, yaitu Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Waketum Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Baik AHY dan Ibas masing-masing bersama istri.

Baca Juga

Prabowo tiba di Museum dan Galeri SBY*ANI yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan pada Sabtu sekitar pukul 10.47 WIB. Sambutan hangat SBY dan keluarga membuat pertemuannya dengan Prabowo terlihat penuh kekeluargaan.

Prabowo tampak menghormati SBY yang menjadi seniornya semasa di Akademi Militer (Akmil) dan TNI AD. SBY lulus Akmil pada 1973 dan Prabowo abituiren Akmil 1974.

"Beliau dulu komandan saya," kata Prabowo sembari tersenyum ke arah SBY yang berdiri di sampingnya.

Mendapat respek dari tamu kehormatannya begitu, SBY pun balik mengucap kalimat bernada hormat. "Sekarang ganti Pak Prabowo menjadi komandan saya," ucap SBY diikuti gerakan badan dan tangan mengambil sikap hormat.

Ketua umum DPP Partai Gerindra tersebut juga sempat menyapa awak media yang telah menunggunya sedari pagi. Perbincangan dan aksi saling puji antara keduanya berlangsung sekilas, lalu SBY mempersilakan Prabowo masuk Wisma Drupadi, kediaman SBY yang berada di kompleks Museum dan Galeri SBY-ANI.

"Terima kasih ya (sudah menunggu). Untuk keterangannya nanti. Saya mau nyapres izin ke Pak SBY, ini komandan saya. Setelah pemilu saya sekarang harus menyampaikan hasilnya," ucap Prabowo menyapa awak media seraya masuk ruangan.

Di ruangan yang telah dipersiapkan untuk tempat pertemuan, SBY dan Prabowo melanjutkan perbincangan tertutup yang juga diikuti AHY dan Ibas. Pun terlihat menantu SBY, Anissa Pohan dan Siti Ruby Aliya Rajasa.

Setelah melakukan pertemuan tertutup di Wisma Drupadi Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Prabowo menjelaskan alasan bertemu SBY. "Sangat luar biasa dukungan terhadap saya (selama pemilihan presiden). Terima kasih semuanya," kata Prabowo.

Menteri pertahanan tersebut mengaku, mendapat kehormatan telah diterima oleh Presiden ke-6 RI, SBY beserta keluarga. "Saya datang pertama sebagai junior. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan beliau. Sangat luar biasa dalam mendukung saya. Terima kasih," kata Prabowo.

Dia mengaku bahwa SBY sekeluarga sangat membantu. Termasuk AHY yang ikut berjuang bersama pengurus Partai Demokrat melalui Koalisi Indonesia maju.

"Secara personal secara fisik turun semua juga mas EBY (Ibas) bekerja keras. Intinya saya datang ke sini untuk sowan dan menyampaikan ucapan terima kasih dan sowan ke senior," kata Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement