Jumat 16 Feb 2024 17:34 WIB

Aceh Siapkan Qanun untuk Menjamin Hak-Hak Penyandang Disabilitas

Qanun untuk memudahkan kelompok rentan peroleh hak mereka

Warga difabel (ilustrasi). Qanun untuk memudahkan kelompok rentan peroleh hak mereka
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga difabel (ilustrasi). Qanun untuk memudahkan kelompok rentan peroleh hak mereka

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH—  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh melalui Dinas Sosial Aceh mulai menyiapkan tahapan pembahasan rancangan qanun atau peraturan daerah tentang hak-hak penyandang disabilitas di Aceh, dalam upaya memudahkan kelompok rentan dalam mendapatkan haknya.

“Ini sudah amanah dari prolega, qanun inisiatif DPRA jadi sudah seharusnya kita menyambut baik pengusulannya. Ikhtiar ini juga menunjukkan sejauh mana keberpihakan kita kepada teman-teman disabilitas, itu penting," kata Kepala Dinas Sosial Aceh Muslem di Banda Aceh, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga

Rancangan qanun disabilitas mulai disusun usai melakukan pertemuan dengan tim dari Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (Skala) di Dinas Sosial Aceh.

Dia menjelaskan, pihaknya memahami bahwa sangat penting untuk mempercepat pembahasan rancangan qanun tentang hak para disabilitas, sehingga kelompok disabilitas di daerah Tanah Rencong itu dapat memiliki payung hukum yang berkelanjutan ke depan.

“Kita harap adanya qanun ini dukungan terhadap teman-teman disabilitas juga semakin kuat terutama dalam pemenuhan hak-haknya, mudah-mudahan bisa kita selesaikan pada 2024 ini," ujar Muslem.

Nantinya, lanjut dia, terkait detail proses pembahasan akan bersama-sama dilakukan dengan tim Skala serta melibatkan beberapa unsur dan instansi terkait lainnya.

Sementara itu, Provincial Aceh Lead Skala Dicky Arisandhi mengharapkan penyusunan rencana qanun bagi disabilitas dapat segera terealisasikan, karena nantinya akan memudahkan kelompok rentan dalam mendapatkan hak-haknya.

“Kami melihat ada komitmen yang cukup baik dari teman-teman Dinas Sosial. Ada pemahaman yang cukup baik dari teman-teman Dinas Sosial dan kami yakin penyusunan rencana qanun ini akan bisa berjalan dengan baik hingga saat nanti disahkan yang ditargetkan akhir tahun ini," ujarnya.

Saat ini, kata Dicky, sedang mempersiapkan surat keputusan tim pembahasan qanun yang disahkan langsung oleh gubernur. Setelah itu baru dilanjutkan dengan memulai tahap demi tahap rangkaian penyusunan rancangan qanun.

 

Baca juga: 4 Perkara yang Bisa Menghambat Rezeki Keluarga Menurut Alquran

“Ada fokus grup diskusi, ada konsultasi dan pembahasan dengan para pihak dan diharapkan rancangan qanun disabilitas ini adalah rancangan qanun yang partisipatif yang benar-benar bisa menjawab kebutuhan-kebutuhan layanan dasar bagi kelompok disabilitas," ujarnya.

Untuk diketahui, Skala merupakan program kemitraan Indonesia dan Australia yang mendukung Pemerintah Indonesia untuk mengatasi kemiskinan dan memperbaiki akses dan kualitas layanan dasar terutama kelompok dari rentan.

"Skala memiliki komitmen nyata untuk mempromosikan inklusi sosial bagi semua pihak dengan mewujudkan nilai-nilai inti dalam aksi untuk keberagaman, keadilan, dan inklusivitas," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement