Kamis 08 Feb 2024 15:43 WIB

Usulan Tiga Fase Gencatan Senjata dari Hamas yang Ditolak Netanyahu dan Optimisme Blinken

Netanyahu menolak usulan gencatan senjata Hamas demi klaim kemenangan total.

Tentara Israel dengan persenjataan berat berada dekat perbatasan Gaza (ilustrasi)
Foto:

 

Meski Netanyahu telah menolak usulan Hamas, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan masih ada harapan kesepakatan akan tercapai. Blinken mengatakan ia melihat ruang negosiasi dan delegasi Hamas yang dipimpin Khalil Al-Hayya akan berkunjung ke Kairo untuk membahas kesepakatan gencatan senjata dengan negosiator Qatar dan Mesir.

"Jelas ada hal-hal yang tidak bisa diterima dalam apa yang (Hamas) ajukan," kata Blinken di konferensi pers Rabu (7/2/2024) malam di hotel di Tel Aviv dikutip Reuters, tanpa merinci apa saja yang tidak bisa diterima itu.

"Namun kami juga melihat adanya ruang untuk melanjutkan negosiasi, untuk melihat apakah kami bisa mencapai kesepakatan. Itulah yang ingin kami lakukan," katanya, menambahkan.

Sebelum pulang ke AS, Blinken akan menggelar pertemuan dengan keluarga korban sandera di Israel. Para keluarga sandera mendesak Netanyahu untuk memprioritaskan pembebasan sandera yang dibawa Hamas ke Gaza dalam serangan mendadak 7 Oktober lalu.

Berdasarkan jajak pendapat yang dirilis lembaga think-tank non-partisan, Israel Democracy Institute, pekan ini, sebanyak 51 persen responden percaya pembebasan para sandera seharusnya menjadi tujuan utama perang. Sementara 36 persen mengatakan tujuan utama perang ini adalah untuk menggulingkan Hamas.

 

photo
BUKTI GENOSIDA ISRAEL - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement