Rabu 07 Feb 2024 09:54 WIB

Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Kembangkan Destinasi Wisata

Kecamatan Matur memiliki cukup banyak destinasi wisata yang perlu pendampingan.

Objek Wisata Pincuran Gadang Kecamatan Matur, Kabupaten Agam terus dikembangkan oleh pemerintah setempat.
Foto: Antara/Pemkab Agam
Objek Wisata Pincuran Gadang Kecamatan Matur, Kabupaten Agam terus dikembangkan oleh pemerintah setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG -- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggandeng Universitas Metamedia Kota Padang dalam membenahi destinasi wisata yang ada di Kecamatan Matur, agar menjadi tujuan kunjungan bagi wisatawan. Camat Matur Subchan di Lubuk Basung, Selasa (6/2/2024), mengatakan Universitas Metamedia Padang bakal melakukan pendampingan dalam pengembangan destinasi wisata di Kecamatan Matur.

"Kecamatan Matur memiliki cukup banyak destinasi wisata yang perlu pendampingan dari pihak lain, sehingga menjadi tujuan kunjungan bagi wisatawan," katanya. Ia mengatakan kerja sama ini berawal dari salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Metamedia Padang melakukan kegiatan di Jorong Batu Baselo, Nagari Matur Hilir, Kecamatan Matur.

Baca Juga

Di daerah itu, UKM Universitas Metamedia melaksanakan rehabilitasi sarana prasarana objek wisata di Batu Baselo. Melihat potensi yang ada, ia berinisiatif untuk menghubungi pihak Universitas Metamedia Padang agar bisa bekerja sama mengembangkan potensi wisata yang ada di Kecamatan Matur.

Ia juga meminta pihak kampus untuk menjadi pendamping dalam pengembangan destinasi wisata untuk menjadikan Jorong Batu Baselo ini menjadi desa wisata. "Pihak kampus setuju untuk bekerja sama dan menjadi pendamping dalam pengembangan Desa Wisata Batu Baselo. Direncanakan Desa Wisata Batu Baselo ini akan di luncurkan sebelum Ramadhan nanti," katanya.

Ia berharap dengan adanya pendampingan dari Universitas Metamedia ini pengelolaan wisata di Kecamatan Matur bisa lebih baik. "Dengan pengelolaan wisata yang bagus, maka perekonomian masyarakat di sekitar bisa meningkat," kata Subchan.

Ia mengakui Jorong Batu Baselo ini memiliki beberapa potensi wisata yang bisa di kembangkan, mulai dari wisata alam, religi, budaya dan lainnya. Batu Baselo ini merupakan kawasan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau. Di kawasan tersebut terdapat beberapa destinasi wisata berupa Pincuran Gadang sebagai tempat pemandian, masjid tua yang saat ini menjadi cagar budaya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement