Rabu 31 Jan 2024 17:05 WIB

Mahfud Umumkan Mundur di Tengah Isu Suasana Rapat Kabinet Kini tak Nyaman Lagi

Istana menilai Mahfud menunjukkan tata krama ketimuran dalam proses pengunduran diri.

Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), di Pura Ulun Danu yang terletak di Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024).
Foto: Dok TPN Ganjar-Mahfud
Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), di Pura Ulun Danu yang terletak di Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Nawir Arsyad Akbar, Rizky Suryarandika, Dessy Suciati Saputri, Febryan A

Mahfud MD akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya dari Kabinet Indonesia Maju. Pengunduran diri dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko polhukam) disampaikan Mahfud di Pura Ulun Danu yang terletak di Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga

Mundurnya Mahfud dari kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah didiskusikannya dengan Ganjar Pranowo dan ketua umum partai politik pengusung. Termasuk sudah membicarakannya dengan pihak Istana.

"Dan saya akan melaporkan saya sudah selesai (di kabinet)," ujar Mahfud lewat siaran langsungnya, Rabu (31/1/2024).

Ia sendiri selalu membawa surat pengunduran dirinya dari Kabinet Indonesia Maju. Surat tersebut nantinya akan diserahkan langsung kepada Jokowi yang sebelumnya telah menunjuknya sebagai Menkopolhukam.

"Surat ini akan disampaikan begitu saya mendapatkan jadwal ketemu dengan Presiden, tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, begitu saya ketemu langsung, saya sampaikan surat ini," ujar Mahfud.

 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyebut Mahfud Md menunjukkan tata krama ketimuran yang baik terkait dengan rencananya mundur dari jabatan menteri. Ari Dwipayana mengemukakan hal itu ketika menyikapi rencana Mahfud Md menyampaikan surat pengunduran dirinya secara langsung kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Kita hormati dari apa yang menjadi langkah Pak Menko Polhukam, beliau sangat luar biasa bisa mengikuti tata krama yang sebenarnya sangat bagus sekali. Jadi, tidak begitu saja dengan menyampaikan surat, tetapi beliau ingin menyampaikan langsung kepada Presiden. Ini sebuah tata krama ketimuran yang memang harus kita jaga dan kita hormati," kata Ari di Jakarta, Rabu.

Adapun, Presiden Jokowi mengaku belum mendapatkan laporan mengenai pengunduran diri Mahfud MD. “Sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan,” kata Jokowi di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (31/1/2024).

Kendati demikian, ia sangat menghargai keputusan Mahfud MD untuk mundur dari jabatannya di kabinet. Menurut Jokowi, keputusan itu merupakan hak Mahfud.

“Itu hak dan saya sangat menghargai,” ujarnya.

Meskipun Mahfud MD yang juga cawapres Ganjar Pranowo telah menyatakan untuk mundur, Jokowi memastikan bahwa Kabinet Indonesia Maju saat ini masih solid.

“Sangat solid,” kata Jokowi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement