Senin 29 Jan 2024 18:52 WIB

Jokowi tak Hadiri Harlah PPP, Ini Penjelasan Istana

Jokowi berkegiatan dan bermain sepakbola di Yogyakarta pas saat perayaan Harlah PPP

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana
Foto: Republiika/Dessy Suciati Saputri
Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) absen dari perayaan hari ulang tahun ke-51 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merupakan partai pendukung pemerintah, pada Sabtu (27/1/2024) di Makassar, Sulawesi Selatan. Jokowi saat itu berkegiatan dan bermain sepakbola di Yogyakarta.

Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana pun menjelaskan, ketidakhadiran Jokowi di harlah PPP tersebut tak ada kaitannya dengan politik. Menurutnya, kegiatan Jokowi di Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya.

Baca Juga

“Nggak lah. Beliau tentu tidak bisa hadir di Harlah PPP karena sudah direncanakan untuk berapa acara di Yogyakarta dan di Jawa Tengah,” kata Ari di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (29/1/2024).

Ari menjelaskan, Jokowi ikut bermain sepak bola pada Sabtu (27/1/2024) kemarin karena Timnas Indonesia akan bertanding melawan Australia. Kehadiran Jokowi itupun dinilainya sebagai bentuk dukungan kepada Timnas serta untuk mendekatkan sepakbola kepada generasi muda.

“Sekarang ini proses untuk memperkuat talenta-talenta di bidang olahraga sepakbola harus kita galakkan terutama di kampung-kampung, di tingkat daerah harus juga berlangsung dan menjelang momen pertandingan itu Presiden menyelenggarakan itu atau hadir di dalam proses latihan yang diselenggarakan klub sepakbola anak-anak,” jelas Ari.

Seperti diketahui, Jokowi bermain sepakbola bersama sejumlah remaja kampung setempat di Lapangan Gamplong, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Sabtu sore. Selain Jokowi, kegiatan ini juga diikuti putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan juga Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni.

Sedangkan pada kunjungan kerjanya di Jawa Tengah pada Senin hari ini, Jokowi mengunjungi pasar untuk mengecek harga bahan pokok serta menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat. Selain Jawa Tengah, Jokowi juga diagendakan untuk mengunjungi sejumlah wilayah di Yogyakarta, di antaranya yakni Gunung Kidul, Bantul, dan juga Sleman. Menurut Ari, daerah-daerah tersebut memang belum sempat dikunjungi oleh Jokowi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement