Senin 29 Jan 2024 15:06 WIB

Aktivitas Vulkanik Berkurang, Gunung Lewotobi Laki-Laki Kini Berstatus Siaga

Puncak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki telah terlewati.

Gunung Lewotobi Laki-Laki teramati dari Desa Pululera di Wulanggitang, Flores Timur, NTT, Rabu (10/1/2024). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menurunkan status Lewotobi.
Foto:

Gempa embusan dan tinggi kolom asap juga mengalami penurunan. Demikian pula dengan gempa low frequency dan pergerakan magma ke permukaan.

"Jumlah gempa erupsi menurun dari 15-25 kejadian setiap hari, saat ini tiga sampai lima kejadian setiap hari, dan gempa tremor tidak terekam sejak 24 Januari 2024," kata Hendra.

Atas penurunan status aktivitas gunung itu, PVMBG memberikan rekomendasi terbaru bagi masyarakat terkait jarak aman. Hendra meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius empat km dari pusat erupsi, serta sektoral lima km pada arah utara-timur laut, dan enam km pada sektor timur laut

"Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya," ucap Hendra.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement