Selasa 23 Jan 2024 21:31 WIB

Kalimantan Tengah Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Status Tanggap Darurat Banjir Kalimantan Tengah berlaku hingga 1 Februari 2024.

Personel BPBD Kota Palangka Raya melakukan pemantauan di salah satu permukiman warga yang bagian jalannya terendam banjir akibat luapan sungai di sekitarnya, Selasa (23/1/2024).
Foto:

Sementara itu, dari sejumlah kabupaten/kota terdampak tersebut, tiga di antaranya telah menetapkan Status Darurat Bencana, yakni Barito Utara, Murung Raya dan Kapuas. Lebih lanjut, Ahmad menyampaikan upaya penanganan dilakukan secara sinergi serta optimal, baik dari pemerintah daerah maupun pihak terkait lainnya.

 

"Genangan banjir telah mengalami penurunan, tetapi dampaknya masih dirasakan luas. Perlu peningkatan upaya penanganan pengungsi dan dampak banjir, termasuk pemulihan sarana prasarana lainnya," tuturnya.

 

Di sisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi prediksi harian pada Januari bahwa potensi curah hujan ringan hingga lebat cukup merata di wilayah Kalimantan Tengah. BMKG meminta pemerintah dan masyarakat mewaspadai potensi penambahan air di aliran sungai, khususnya di Sungai Barito dan sekitarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement