Selasa 23 Jan 2024 16:42 WIB

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Makassar Hingga 25 Januari

Warga diimbau menunda sementara aktivitas berlayar di perairan Sulawesi Selatan.

 Gelombang tinggi (ilustrasi). BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar mengeluarkan peringatan dini prakiraan gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter di wilayah Perairan Sulawesi Selatan.
Foto: Kyodo News via AP
Gelombang tinggi (ilustrasi). BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar mengeluarkan peringatan dini prakiraan gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter di wilayah Perairan Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar mengeluarkan peringatan dini prakiraan gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter di wilayah Perairan Sulawesi Selatan. BMKG setempat juga mengimbau pengguna jalur lalu lintas laut dan nelayan agar menunda sementara aktivitas berlayar.

"Peringatan dini berlaku tujuh hari ke depan mulai 20 Januari pukul 20.00 Wita dan 25 Januari 2024 pukul 20.00 Wita," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar Mujahidin, Selasa (23/1/2024).

Baca Juga

Dari informasi resmi yang dilansir di akun media sosial BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, terdapat siklon tropis anggrek di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, 12 05 Lintang Selatan, 92°17' Bujur Timur. Kemudian, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Utara Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 625 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Barat Daya dengan kecepatan 625 knot.

Kecepatan angin tertinggi di perairan Sulawesi Selatan terpantau 20-30 knot di daerah Selat Makassar bagian Selatan. Untuk tinggi gelombang dengan skala sedang (moderate sea) diprakirakan 1,25 meter sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Parepare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian barat. Perairan Spermonde Makassar.

Selanjutnya, Perairan Kepulauan Sabalana dan Perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian barat, Laut Flores bagian utara, Perairan Pulau Bonerate Kalaotoa bagian utara, Perairan Pulau Bonerate - Kalaotoa bagian Selatan, dan Laut Flores bagian timur. Ketinggian gelombang dengan skala tinggi (Rough Sea) antara 2,5 meter sampai 4 meter berpeluang terjadi di Perairan barat Kepulauan Selayar dan Selat Makassar bagian selatan.

Sementara itu, untuk prakiraan cuaca di wilayah Sulsel dan sekitarnya pada 24 Januari 2024, data BMKG Wilayah IV Makassar pada pagi hari cuaca cerah berawan berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Barru, dan hujan sedang di wilayah Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Maros, Pangkep, dan Takalar. Kondisi siang dan sore hari berpotensi hujan ringan terjadi di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, kecuali berawan di wilayah Kabupaten Bantaeng, Bone, Bulukumba, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, Sinjai, Soppeng, dan Wajo.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement