Sabtu 20 Jan 2024 23:57 WIB

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Sulsel Terjadi Hingga 23 Januari

Kondisi itu akan ditandai dengan hujan berintensitas sedang hingga lebat.

Ilustrasi hujan debat.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi hujan debat.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kondisi cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) akan terjadi hingga 23 Januari 2024.

"Kondisi itu akan ditandai dengan hujan berintensitas sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang laut tinggi di sejumlah daerah," kata Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah IV Makassar Rizky Yudha di Makassar, Sabtu (20/1/2024). 

Baca Juga

Dia mengatakan, intensitas hujan paling tinggi kemungkinan terjadi di wilayah Sulsel bagian barat meliputi sebagian wilayah Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Gowa, Takalar, dan Kota Makassar. Kondisi itu disertai angin kencang dengan kecepatan mencapai 40 km/jam.

Kondisi ini membuat wilayah-wilayah tersebut berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan pohon tumbang.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada khususnya di tempat-tempat yang memiliki potensi banjir, pohon-pohon tinggi yang rapuh, termasuk menghindari wilayah pegunungan.

Sementara untuk wilayah perkotaan seperti Kota Makassar dan sekitarnya perlu mewaspadai potensi banjir atau bencana hidrologi, karena akumulasi hujan yang berhari-hari.

"Selain itu, patut mewaspadai adanya pohon tumbang. Hindari pula daerah pegunungan karena dikhawatirkan tanahnya longgar dan menyebabkan longsor," jelasnya.

Dia juga berharap, kondisi cuaca ekstrem tersebut tidak separah dibandingkan kondisi yang sama dengan tahun lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement