Ahad 14 Jan 2024 17:05 WIB

Mengenal Sungai Ciwulan, Potensi Wisata Arung Jeram di Tasikmalaya

Butuh waktu tempuh sekitar dua jam untuk menyusuri aliran Sungai Ciwulan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ani Nursalikah
Para peserta kegiatan Tasik Baseuh melakukan arung jeram di Sungai Ciwulan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Ahad (14/1/2024).
Foto:

Ivan juga berharap adanya aktivitas pariwisata di Ciwulan makin meningkatkan kepedulian masyarakat menjaga kebersihan dan melestarikan keberadaan sungai. Ketika kondisinya bersih, Sungai Ciwulan dapat menjadi potensi wisata yang besar, yang ujungnya bisa memberikan dampak ekonomi ke masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Deddy Mulyana mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan Tasik Baseuh yang mengangkat potensi wisata arung jeram di Kota Tasikmalaya. Ia juga akan berupaya meningkatkan pengelolaan potensi wisata itu.

"Kami akan memikirkan skenario pengelolaan ke depan, bekerja sama dengan investor atau pengelola jasa wisata, kalau di Tasikmalaya ada potensi arung jeram yang bisa dimanfaatkan. Jadi bisa menjadi destinasi wisata prioritas," kata dia.

photo
Para peserta kegiatan Tasik Baseuh melakukan arung jeram di Sungai Ciwulan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Ahad (14/1/2024). - (Republika/ Bayu Adji P)

Deddy menambahkan akan melibatkan masyarakat sekitar, khususnya di Kecamatan Kawalu, untuk mengembangkan potensi wisata di wilayah masing-masing. Dengan begitu, wisatawan yang datang ke Kota Tasikmalaya, khususnya ke Kawalu, dapat memiliki alternatif lain selain arung jeram.

"Kami akan libatkan masyarakat sekitar untuk pengembangan di wilayah masing-masing. Kalau saat ini kan di Kawalu sudah ada arung jeram dan wisata off road," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement