Jumat 12 Jan 2024 08:48 WIB

Dokter di Ciputat Ditemukan Tewas Telentang di dalam Rumah

Z (65 tahun) yang selama ini tinggal seorang diri menderita penyakit darah tinggi.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Polisi melakukan rekonstruksi penemuan jasad (ilustrasi).
Foto: Republika/Eva Rianti
Polisi melakukan rekonstruksi penemuan jasad (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Seorang dokter berinisial Z (65 tahun) ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa dan sudah membusuk di dalam rumahnya di Perumahan Pondok Hijau, Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (11/1/2024).

Penemuan mayat itu berawal dari kecurigaan warga yang tidak melihat Z dalam jangka waktu tertentu tidak keluar rumah. Selama ini, Z memang tinggal sendirian.

"Ditemukan meninggal di dalam rumah dengan posisi terlentang di atas tempat tidur. Seorang dokter," ujar Kapolsek Ciputat Timur, Kompol Kemas Arifin saat dikonfirmasi di Tangsel, Jumat (12/1/2024).

Menurut Kemas, dugaan sementara, kematian korban sekitar lima hari lalu, karena sakit. Analisis itu muncul berdasarkan hasil visum et repertum yang menjelaskan korban meninggal karena penyakit yang diderita.

Kemudian, penyidik juga tidak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan atau luka di tubuh korban. "Dugaan awal, korban meninggal dunia karena sakit darah tinggi yang dialaminya dan diperkuat dengan keterangan dari kakak korban," kata Kemas.

Menurut Kemas, korban selama ini tinggal seorang diri di rumah kakaknya yang kondisinya sudah tidak layak. Keterangan dari ketua RT setempat, sambung dia, terakhir melihat korban sekitar dua bulan yang lalu.

Merujuk keterangan dari kakak korban, sambung dia, yang bersangkutan mengalami depresi dan korban mempunyai riwayat penyakit darah tinggi. Sementara untuk kronologis penemuan jasad seorang dokter bermula dari saksi 1 dan saksi 2 menghubungi saksi 3 untuk memeriksa korban di rumahnya pada Kamis (11/1/2024) sekitar pukul 09.20 WIB.

Menurut saksi 2, sudah beberapa pekan terakhir, Z tidak pernah terlihat keluar rumah. "Setelah itu saksi 3 bersama saksi 1 memeriksa ke dalam rumah korban dan melihat korban sudah dalam keadaan meninggal di atas tempat tidur dalam keadaan terlentang," ucap Kemas.

Selanjutnya, piket fungsi Polsek Ciputat Timur sekitar pukul 10.00 WIB, mendatangi lokasi kejadian. Sekitar pukul 11.30 WIB palang hitam datang dan sekitar pukul 12.00 WIB jasad korban di bawa ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan untuk divisum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement