Rabu 10 Jan 2024 14:35 WIB

Isyarat dari PDIP Soal Peluang Koalisi 01 dan 03 Jika Pilpres 2024 Berjalan Dua Putaran

Peristiwa salaman Anies dengan Puan usai debat capres picu spekulasi terkait pilpres.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (ketiga kanan) bersalaman dengan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kiri) disaksikan Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kanan), Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD usai debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (7/1/2024). Debat ketiga Pilpres 2024 yang diikuti oleh ketiga kandidat calon presiden tersebut bertema pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional dan politik luar negeri
Foto:

Sementara itu, Anies merahasiakan isi obrolannya dengan Puan Maharani usai mengikuti debat ketiga yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut. "Ya, nantilah ceritanya," kata Anies saat menjawab pertanyaan wartawan di Provinsi Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Anies menjelaskan, dirinya bersama dengan cawapres Muhaimin Iskandar, hanya fokus menyalami semua yang ada di lokasi debat. "Selesai debat kami salaman dengan semua yang ada di situ, ya kalau tidak ada di situ (sekitar area debat), saya tidak salaman, karena otomatis mau cari di mana. Jadi semua yang ada di situ kami salami, termasuk ada Mbak Puan," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Adapun, Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) mengaku tidak ingin berspekulasi apa pun soal adanya momen calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan yang bersalaman dengan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani. Juru Bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumilena menegaskan,  pihaknya pun masih tetap fokus pada pemenangan Anies-Muhaimin. 

"Itu enggak mau spekulasi sekarang, kalau mau salaman atau enggak mau salaman aja persepsinya sudah macam-macam," kata Billy di Jakarta, Senin. 

Menurutnya pihaknya pun tidak ingin berspekulasi apa pun mengenai arah koalisi ke depannya atas adanya momen bersalaman tersebut. Karena dia pun menginginkan Anies dan Muhaimin itu masuk ke putaran selanjutnya dalam pilpres.

Dia mengatakan pihaknya telah menghitung bahwa ada potensi Pilpres 2024 bakal berlangsung dua putaran. Sehingga, menurutnya koalisi lanjutan bakal diperbincangkan setelah putaran pertama selesai. 

"Kalau kita nanti akan bekerja dengan siapa, itu nanti pembahasannya setelah putaran pertama selesai," kata Billy.

photo
Elektabilitas capres cawapres. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement