Selasa 09 Jan 2024 19:32 WIB

Imigrasi Dumai Kirim 17 Pengungsi Rohingya ke Pekanbaru

Mereka dijanjikan oleh seseorang akan dikirim ke Malaysia melalui jalur ilegal.

Pengungsi Rohingya
Foto: Republika
Pengungsi Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, DUMAI -- Kantor Imigrasi Dumai mengirim 17 orang pengungsi etnis Rohingya ke Rumah Detensi Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Riau di Pekanbaru dengan menumpang dua kendaraan dinas, Selasa (9/1/2024).

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Dumai Dianta Kita Sinuraya mengatakan belasan pengungsi Rohingya ini sebelumnya sudah menempati Rudenim Dumai selama sekitar sepekan sejak dititipkan Kepolisian Sektor Medang Kampai Dumai dan KP Hayabusa Baharkam Polri.

Baca Juga

"Selama di penitipan Rudenim Imigrasi Dumai, belasan pengungsi asal Myanmar ini sudah menjalani pemeriksaan identitas, kesehatan dan kronologis kedatangan ke Dumai. Warga Rohingya ini dalam kondisi kesehatan baik dan kita sudah melakukan sejumlah prosedur pemeriksaan sebelum diberangkatkan ke Pekanbaru," kata Dianta di Dumai, Selasa.

Para pengungsi Rohingya tersebut terdiri atas sembilan orang laki-laki dan delapan orang perempuan, termasuk satu balita ini. Mereka awalnya dijanjikan oleh seseorang akan dikirim ke Malaysia melalui jalur ilegal. Namun, upaya itu digagalkan aparat kepolisian.

Keberadaan warga Rohingya ini awalnya di Kamp Aceh selama sekitar dua atau tiga bulan. Mereka ditandai dengan gelang berwarna kuning dari lembaga internasional Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau Komisariat Tinggi Urusan Pengungsi PBB (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR).

"Selama di penitipan Rudenim Dumai, mereka cukup kooperatif dan tidak melakukan perlawanan sehingga pengiriman mereka ke Pekanbaru hanya dikawal petugas Imigrasi tanpa melibatkan aparat kepolisian," ujar Dianta.

Sebelumnya, sebanyak 12 orang pengungsi Rohingya diamankan Polsek Medang Kampai dari dua lokasi berbeda di Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai pada Selasa, 2 Januari 2024. Kemudian, lima orang lagi pengungsi Rohingya diamankan Kapal Patroli Hayabusa-3008 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri masih di seputaran Pelintung, Kecamatan Medang Kampai pada Selasa (2/1/2024) sore.

Komandan KP Hayabusa-3008 Inspektur Satu Andi Yasser mengatakan polisi sempat terlibat kejar-kejaran dengan mobil jenis Avanza dan Calya yang mengangkut pengungsi Rohingya di Jalan Lintas Dumai-Sei Pakning.

Informasi kehadiran warga asing ini diperoleh dari masyarakat. Anggota KP Hayabusa akhirnya menemukan mereka di tepi jalan setelah diturunkan secara acak oleh mobil yang mengangkutnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement