Selasa 02 Jan 2024 22:37 WIB

Raden Pardede: Rizal Ramli Kritikus Ekonomi yang Tajam dan Konsisten

Banyak jasa dan torehan prestasi yang telah dibuat Rizal Ramli.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekonom senior, Raden Pardede melihat almarhum Rizal Ramli merupakan salah satu ekonom yang tajam dan konsisten terhadap prinsipnya. Banyak jasa dan torehan prestasi yang telah dibuat Rizal Ramli untuk bangsa.

"Seorang kritikus ekonom yang tajam dan konsisten. Dari sejak mahasiswa hingga akhir hayat. Telah berbuat banyak buat negara," kata Raden Pardede kepada Republika, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga

Raden Pardede juga mengatakan meski sempat beberapa kali menjabat sebagai menteri, Rizal Ramli merupakan sosok yang tetap konsisten terhadap rakyat. Ia kerap tetap mengkritisi kebijakan yang dirasa akan membebani rakyat.

"Telah berbuat banyak buat negara, baik sebagai menteri beberapa kali, meskipun singkat singkat. Sebab habitatnya memang adalah kritikus dari luar pemerintahan," kata Raden Pardede.

Sesama ekonom, kata Raden, Rizal Ramli tak segan melontarkan kritik yang membangun. "Sebagai kawan tetap kawan, namun tidak berarti berhenti kritik kepada kawannya jika melihat ada yang kurang tepat menurutnya," tambah Raden.

Raden menghantarkan penghormatan setinggi tingginya bagi Rizal Ramli. "Rest in Peace Bung Rizal. Semoga Husnul Khotimah," tutup Raden.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement