Kamis 28 Dec 2023 07:42 WIB

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Kupang

Gempa berpusat di darat sekitar 15 kilo meter barat daya Kabupaten Kupang.

Gempa Kupang. Ilustrasi
Foto: Antara
Gempa Kupang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 mengguncang Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis, sekitar pukul 01.52 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan. Gempa tersebut berpusat di darat sekitar 15 kilo meter barat daya Kabupaten Kupang dengan kedalaman 32 kilo meter pada koordinat 10.08 lintang selatan dan 123.78 bujur timur.

Gempa dirasakan di Kota Kupang dengan skala III Modified Mercally Intensity (MMI). Artinya, getaran dirasakan nyata dalam rumah, dan terasa getaran seakan ada truk yang sedang melitas. Meski diperkirakan tidak berpotensi tsunami, penghuni setempat dihimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

Baca Juga

Sampai saat ini belum ada laporan, apakah gempa ini dirasakan oleh penduduk setempat atau menyebabkan kerusakan. Akan tetapi, penduduk setempat dan otoritas terkait diharapkan untuk tetap waspada dan berhati-hati mengingat Indonesia adalah salah satu negara dengan aktivitas seismik yang tinggi. BMKG mengimbau warga agar waspada terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement