Senin 25 Dec 2023 20:20 WIB

Libur Natal Padat Merayap, Wisatawan Gunung Bromo Membeludak

Jumlah wisatawan di Bromo sejak Sabtu meningkat mencapai hampir 3.000 orang.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Friska Yolandha
Sejumlah wisatawan berfoto dengan gawainya saat mengunjungi Puncak Seruni Point di Probolinggo, Jawa Timur, Ahad (3/12/2023). Platform layanan perjalanan Bounce menempatkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di posisi tiga teratas taman tercantik di dunia di bawah Taman Nasional Kruger (Afrika Selatan) pada peringkat pertama dan Taman Nasional Len—is Maranhenses (Brazil) pada peringkat kedua.
Foto:

Sempat Terbakar

Sebelumnya, kawasan wisata Gunung Bromo mengalami kebakaran mulai 6 hingga 10 September lalu. Situasi ini menyebabkan BB TNBTS harus menutup total seluruh akses masuk ke kawasan mulai 10 September pukul 19.00 WIB hingga 18 September 2023 guna proses pemadaman.

Berdasarkan laporan Menteri LHK per 23 September 2023, peristiwa tersebut telah menyebabkan 989 hektare (ha) hutan dan lahan di kawasan wisata Gunung Bromo ikut terbakar. Penyebab kebakaran ini karena pemotretan prewedding yang menggunakan flare.

Selain flora yang terbakar, kejadian ini dilaporkan turut menyebabkan saluran air bersih terputus ke enam desa di Kecamatan Sukapura. Kepala Desa Jetak, Ngantoro mengungkapkan, keenam desa tersebut antara lain Desa Ngadirejo, Desa Wonokerto, Desa Ngadas, Desa Jetak, Desa Wonotoro dan Desa Ngadisari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement