Selasa 19 Dec 2023 13:53 WIB

Hakim Tolak Gugatan Mimin dan 2 Anaknya dalam Kasus Pembunuhan Subang

Majelis hakim menolak gugatan Mimin dan dua anaknya dalam kasus pembunuhan Subang.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Sidang gugatan praperadilan sejumlah tersangka kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang. Majelis hakim menolak gugatan Mimin dan dua anaknya dalam kasus pembunuhan Subang.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Sidang gugatan praperadilan sejumlah tersangka kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang. Majelis hakim menolak gugatan Mimin dan dua anaknya dalam kasus pembunuhan Subang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung menolak gugatan praperadilan yang diajukan oleh Mimin, Arighi, dan Abi, tersangka kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu di Subang. Alasannya, Polda Jawa Barat telah menetapkan tersangka kepada ketiga orang tersebut berdasarkan dua alat bukti.

"Mengadili, menolak permohonan praperadilan dari para pemohon untuk seluruhnya," kata majelis hakim tunggal Harry Suptanto di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga

Majelis hakim mengatakan penetapan status tersangka kepada ketiga orang tersebut sudah berdasarkan bukti yang cukup. Termasuk telah terpenuhi dua alat bukti.

Ia mengatakan penetapan tersangka sudah berdasarkan keterangan saksi-saksi, keterangan M Ramdanu alias Danu, saksi ahli. Serta bukti visum dari korban Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu.

Rohman Hidayat, pengacara ketiga tersangka mengaku menerima putusan hakim yang menolak praperadilan. Namun, tujuan kliennya mengajukan gugatan praperadilan untuk mengetahui bukti-bukti yang dimiliki Polda Jawa Barat terkait kasus pembunuhan ibu dan Subang.

"Mengajukan praperadilan bukan semata menguji penetapan tersangka, tapi saya dapat bukti akurat T1 sampai T95 bahkan visumnya. Keterangan Danu saya lihat langsung, saya baca betul dua alat bukti ada tapi apakah berkesesuaian dengan fakta tanggal 17 Agustus belum diuji," kata dia. Ia mengatakan bukti-bukti yang ada menjadi amunisi bagi kliennya untuk di persidangan nanti.

Sebelumnya, lima orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu yaitu Yosep Hidayah ayah dan suami korban, M Ramdanu alias Danu keponakan korban. Mimin istri kedua Yosep Hidayah, Arighi dan Abi anak tiri Yosep.

Yosep Hidayah dan Danu ditahan di Mapolda Jabar. Sedangkan Mimin, Arighi, dan Abi tidak ditahan berdasarkan pertimbangan penyidik.

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jawa Barat menilai para tersangka terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan kepada korban. Mereka dijerat pasal pembunuhan berencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement