Kamis 14 Dec 2023 17:12 WIB

UMKM Tukang Seduh Kopi Jadi Pemenang MUSIC Pusi 2023

Melalui MUSIC, Pusri mendorong UMKM naik kelas secara progresif dan berdaya saing.

VP CSR Pusri Alde Dyanrini menyerahkan hadiah kepada pemenang MUSIC Pusri 2023.
Foto: dok. Republika
VP CSR Pusri Alde Dyanrini menyerahkan hadiah kepada pemenang MUSIC Pusri 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sebagai salah satu rangkaian HUT ke-64, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali mengadakan Millennials Usahawan Indonesia Competition (MUSIC). Kegiatan ini diikuti oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang berada di Sumbagsel.

Rangkaian kegiatan, yaitu pendaftaran dan penerimaan berkas resmi dibuka pada 01 Oktober hingga 25 November 2023. Terdaftar lebih dari 100 (seratus) peserta yang berasal dari Provinsi Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Jambi.

Dari jumlah peserta sebanyak itu, selanjutnya dipilih lagi 25 semifinalis yang berkesempatan mengikuti bootcamp selama 2 (dua) hari dan mendapatkan pelatihan intensif dengan materi yang menarik mengenai wirausaha. Selain itu pada bootcamp, semifinalis juga diajak untuk main games yang dipandu langsung oleh Entrepreneur Bootcamp.

Tahapan kegiatan dilanjutkan dengan semifinal dan terakhir final yang diikuti oleh 10 (sepuluh) UMKM terpilih yang akan kembali berkompetisi untuk meraih juara. Sepuluh UMKM yang berhasil lolos pada final, yaitu: Pempek Kirana, Tukang Seduh Kopi, Arumitha Leather, Chilli Millenial, Jus Kurma Etawa, Bakpao Karakter, Banyuasin Bekunyah,  Mascot Lada, Klephe Fashion, dan Digipren.id.

Seluruh finalis yang lolos akan mendapatkan pelatihan untuk pengembangan bisnis, hadiah dengan total puluhan juta serta business coaching dari praktisi berpengalaman. Dan 20 (dua puluh) semifinalis akan menjadi binaan Pusri melalui Rumah BUMN Sumsel yang dikelola oleh Pusri.

Disampaikan VP CSR Pusri Alde Dyanrini, bahwa pelaksanaan MUSIC ini juga merupakan salah satu komitmen Perusahaan dalam melakukan peran Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), khususnya pengembangan UMK. 

Berdasarkan arahan Kementerian BUMN Program TJSL Perusahaan agar memprioritaskan Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan, dan Pilar Pengembangan UMK. 

“Seluruh peserta Music diwajibkan menjadi Anggota Rumah BUMN, sehingga PT Pusri Palembang dapat mendampingi Peserta Music untuk naik kelas menjadi Go Modern, Go Online, Go Digital dan Go Global”, terang VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (14/12/2023).

Turut hadir pada kegiatan awarding MUSIC yang dilaksanakan di Lapangan TJSL Komplek Pusri (14/12), Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob beserta isteri, unsur Muspika Kalidoni, jajaran pengurus Persatuan Isteri Karyawan (PIKA) PSP dan karyawan/ti Pusri.

Setelah dilakukan presentasi dan penjurian, dari 10 (sepuluh) finalis yang berhasil menjadi pemenang, yaitu Grand Champion diraih oleh Tukang Seduh mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp.20.000.000,- (dua puluh juta rupiah), Juara II diraih oleh Chili Millenial dengan hadiah Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) dan Juara III diraih oleh Bakpao Karakter.dengan hadiah sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah), Juara Harapan I diraih oleh Mascot Lada dengan hadiah Rp. 7.000.000,- dan Juara Harapan II diraih oleh Digipren.id dengan hadiah Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah).

Disampaikan Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob, bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya bagi UMKM. “Dengan kegiatan MUSIC ini menjadi salah satu upaya kami untuk mendorong UMKM agar bisa naik kelas secara progresif dan berdaya saing, salah satunya dengan diberikannya business coaching dari mentor yang berpengalaman,” ujar Daconi.

“Program MUSIC ini kami berharap dapat terus berkelanjutan untuk dilaksanakan serta dapat menjangkau seluruh UMKM di Indonesia, sehingga PT Pusri Palembang dapat mendukung lebih banyak UMK naik kelas,” tutur Daconi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement