Kamis 14 Dec 2023 12:27 WIB

Warga 3 Desa Nikmati Layanan Kesehatan Gratis Selama Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen

Layanan kesehatan gratis keliling dirasakan warga

Layanan kesehatan gratis keliling dirasakan warga
Foto: dok istimewa
Layanan kesehatan gratis keliling dirasakan warga

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA- Masyarakat tiga desa di Kabupaten Sleman mendapat layanan kesehatan gratis Jamedlink selama masa konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen. 

Ketiga desa tersebut, yaitu Desa Banyurejo Kecamatan Tempel, Desa Margomulyo Kecamatan Seyegan, dan Desa Tirtoadi Kecamatan Mlati.

Baca Juga

Masyarakat akan ditawarkan fasilitas layanan kesehatan Jamedlink meliputi, Konsultansi dokter umum, pengobatan gratis, cek darah (tensi, gula darah, asam urat, kolesterol, cek fisik (berat badan, tinggi), penyuluhan kesehatan dan pembagian nutrisi/obat gratis.

Program ini bagian Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) inisiatif Perusahaan khususnya pada pilar pembangunan Sosial TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan pelayanan Jasa Marga Medical Keliling (Jamedlink) untuk masyarakat di sekitar proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

 

Jamedlink merupakan pelayanan kesehatan keliling dengan menggunakan ambulans untuk menjangkau masyarakat, khususnya yang terdampak langsung aktivitas proyek konstruksi jalan tol.

Lurah Desa Margomulyo Eko Puji Mulyanto menyampaikan apresiasinya kepada Jasa Marga atas bantuan Jamedlink sehingga warga merasa terbantu dengan layanan ambulans dan semakin mudah mendapatkan layanan kesehatan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Jasa Marga yang telah mengadakan kegiatan Jasa Marga Medical Keliling dan telah peduli terhadap warga kami yang terdampak pembangunan jalan tol. Harapannya kegiatan ini juga dapat membangun hubungan yang semakin baik antara Pemerintah Desa dengan pihak Jasa Marga,” tutup Eko. 

 

Tidak hanya di Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, dalam waktu dekat Jasa Marga juga akan meluncurkan program Jamedlink di Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo serta akan terus mengevaluasi program Jamedlink yang berjalan.

Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B. mengatakan, dalam mencapai sustainable corporation, Jasa Marga konsisten menjalankan program inisiatif keberlanjutan, salah satunya terhadap peningkatan jaminan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui program ini, Jasa Marga berupaya mengendalikan proses konstruksinya agar selaras dengan komitmen kami dalam menjaga pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan dampak lingkungan, ekonomi dan dampak sosial bagi para pemangku kepentingan dan masyarakat. Dengan adanya Jamedlink, kami berharap masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang mudah serta ke depannya dapat meningkatkan kesadaran serta wawasan masyarakat tentang pentingnya kesehatan diri dan kebersihan lingkungan,” ujar Bagus.

Bagus juga menambahkan bahwa program Jamedlink merupakan bentuk komitmen Jasa Marga dalam menjalankan program TJSL yang sesuai dengan Roadmap Jalan Tol Berkelanjutan yaitu "toll for all" untuk menciptakan pengoperasian dan pengelolaan jalan tol yang ramah lingkungan sekaligus memberikan nilai tambah, salah satunya menjamin kehidupan yang sehat dan sejahtera bagi masyarakat.

Sementara itu Direktur Utama PT JJB A J Dwi Winarsa mengatakan, proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan melewati 7 desa yaitu Tirtoadi, Margomulyo, Margodadi, Margokaton, Sumberejo, Tambakrejo dan Banyurejo. Untuk itu, nantinya program Jamedlink akan dibagi menjadi beberapa tahap dalam beberapa minggu sehingga dapat menjangkau seluruh desa.

"Kami rencanakan Jamedlink akan beroperasi 1 pekan di satu desa dan berpindah ke desa berikutnya dengan harapan semua masyarakat dapat merasakan manfaat dari pemeriksaan kesehatan ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kerja sama dan koordinasi yang baik sehingga pelaksanaan konstruksi untuk proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dapat berjalan sesuai dengan rencana," tutup Dwi.

Baca juga: Tiba-Tiba Terbangun Tengah Malam dan Ingin Meneruskan Tidur, Baca Doa Rasulullah SAW Ini

Seremoni peluncuran program Jamedlink ini dilaksanakan di Kantor Kalurahan Margomulyo, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Selasa (12/12/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B., Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) A.J. Dwi Winarsa, jajaran Direksi PT JJB, Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Agus Triono, Lurah Desa Margomulyo Eko Puji Mulyanto serta perwakilan warga desa.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement